Medan (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI) Irwan Alwi mengatakan para peraih medali dalam ajang PON XXI Aceh-Sumatera Utara, berpeluang untuk ikut di kejuaraan internasional seperti SEA Games.

"Oh iya, kita kan punya SEA Games kebetulan cabang binaraga ini juga, kan, sudah berkali-kali ikut menyelamatkan muka Indonesia di internasional itu," ujar Irwan di Medan, Selasa.

Cabang olahraga binaraga resmi dipertandingkan mulai hari ini. Ada 11 keping medali yang akan diperebutkan oleh diikuti 74 atlet dari berbagai provinsi.

Pada hari pertama, tiga medali emas akan diperebutkan di kategori Putra Sport Physique - Over 170 Cm - 100 Cm + 2 Kg Berat Badan, Putra Athletic Physique - Up to include 175 Cm - 100 Cm + 6 Kg Berat Badan, dan Putra Sport Physique - Up to 170 Cm - 100 Cm - 2 Kg Berat Badan.

Pada Rabu akan dipertandingkan nomor Putra Bodybuilding - Kelas 80 Kg, Kelas 85 Kg, Kelas 75 Kg, Kelas 70 Kg, Kelas 65 Kg, Kelas +85 Kg, Kelas 60 Kg, dan Kelas 55 Kg. Selain itunada eksibisi pada nomor Women Model Physique.

Ia meminta seluruh atlet binaraga untuk menunjukkan penampilan terbaiknya karena selain membawa nama daerah, mereka yang juara pun akan dilibatkan dalam berbagai kejuaraan internasional.

Baca juga: PB PON ingin binaraga tak hanya kompetisi tapi ajang silaturahmi

Wakil Ketua Umum PP PBFI Herri Zulkarnain mengatakan cabang olahraga Binaraga pada PON Aceh-Sumut ini diikuti 74 atlet. Ia menyebut seluruh kekuatan atlet hampir merata di tiap-tiap provinsi.

"Kita melihat semua atlet kuat karena mereka sudah persiapan yang cukup lama di masing-masing provinsi jadi tidak ada yang lemah," kata dia.

Sebelumnya, Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI Aceh-Sumatera Utara menginginkan cabang olahraga binaraga tak hanya kompetisi estetika otot semata, akan tetapi harus dijadikan ajang silaturahmi antardaerah.

"Merajut silaturahmi anak bangsa, punya saudara dari Sabang dari Merauke. Kalau pergi ke mana ada teman ada di sana," ujar Ketua Harian Panitia PB PON XXI/2024 Baharuddin Siagian.

Baca juga: PP PBFI tegaskan binaraga di PON harus nol kasus doping

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024