Banda Aceh (ANTARA) - Lima atlet panahan dari Provinsi Bali melaju ke babak eliminasi individu setelah melewati babak kualifikasi untuk divisi recurve putra, recurve putri, compound dan campuran recurve pada PON XXI Wilayah Aceh.

"Kami targetkan satu medali emas," kata Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Bali I Made Rentin di Banda Aceh, Selasa.

Ada pun dua atlet nomor pertandingan recurve putra yakni RM Gusti Fazli Kertinegoro dengan skor 666, Bagus Gese Agus Yudistiawan dengan skor 644 serta putri recurve diwakili Mirsa Veronica Sandy dengan skor 582.

Ketiganya dijadwalkan berlaga pada babak eliminasi individu pada Rabu (11/9) di lapangan panahan Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Kemudian, dua atlet divisi compound akan bermain pada Kamis (12/9) oleh Kadek Dian Vanagosi dengan skor 667 dan Wawan Suryono Pratama dengan skor 668.

Selanjutnya, atlet berlaga pada tim campuran divisi recurve melaju ke babak eliminasi yang akan bertanding pada Jumat (13/9) oleh RM Gusti Fazli Kertinegoro dan Mirsa Veronica Sandy.

Dia menjelaskan target satu emas dinilai realistis berdasarkan pemetaan prestasi atlet sebelumnya saat kualifikasi menuju PON XXI dan evaluasi capaian pada pelaksanaan PON XX di Papua.

Ia optimistis panahan Bali mendulang medali sekaligus memperbaiki capaian PON sebelumnya.

"Pada PON XX di Papua kami untuk pertama kalinya menyumbangkan medali perunggu," ucapnya.

Provinsi Bali hingga Selasa (10/9) pukul 21.00 WIB mengoleksi total 13 medali terdiri dari empat medali emas, dua perak dan tujuh perunggu sehingga membuat Pulau Dewata bertengger di posisi sementara peringkat kedelapan.

Medali emas disumbangkan dari cabang olahraga balap sepeda putri, dua lainnya dari kriket putra dan putri serta dari cabang olahraga biliar.

Sedangkan dua perak disumbangkan oleh cabang olahraga kriket putri dan balap sepeda putri.

Sementara itu, untuk medali perunggu dipersembahkan oleh cabang olahraga paramotor ada dua medali, serta masing-masing satu medali perunggu untuk cabang olahraga balap sepeda campuran, kriket putra, renang perairan terbuka 5.000 meter dan 10.000 meter putri, dan sepak takraw ganda putri.

Baca juga: Tiga srikandi panahan Indonesia tempati posisi teratas kualifikasi PON
Baca juga: Panahan - 32 atlet lolos kualifikasi recurve putra

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024