Medan (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PP PBFI) berharap binaraga perempuan dapat dipertandingkan pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) edisi berikutnya.

Dalam penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumatera Utara diperlombakan nomor Women Model.

Sebanyak enam atlet ikut dalam nomor eksibisi tersebut. Artinya, meski ada pengalungan medali tetapi tidak masuk dalam tabulasi perolehan medali resmi PON XXI Aceh-Sumut.

Binaragawati asal Jawa Timur, Firma, meraih medali emas, diikuti Sindi Arina asal Sumatera Utara dan Ervina Sundalangi asal Sulawesi Utara yang masing-masing meraih medali perak dan perunggu.

"Tujuan kita supaya nanti ke depan woman ini bisa kita akomodir sebagai nomor peserta di PON. Harapan kita tentunya nanti di PON berikutnya bisa," ujar Ketua Umum PP PBFI Irwan Alwi di Medan, Selasa.

Irwan menjelaskan untuk bisa diusulkan ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) agar bisa diikutsertakan dalam agenda PON harus memenuhi sejumlah aspek.

Pertama, kata dia, kontes binaraga perempuan harus diikutsertakan dalam kejuaraan nasional sebanyak tiga kali, meski itu sebatas eksibisi.

Kedua, keikutsertaan peserta harus lebih dari sepertiga jumlah pengurus provinsi (Pengprov). Saat dilakukan tabulasi babak prakualifikasi di Bengkulu beberapa waktu lalu, menurut Irwan, jumlah peserta sudah mencukupi.

"Jadi kita berharap nanti kemudian di PON kelas woman ini akan menjadi nomor pertandingan sendiri," kata dia.

Sebelumnya, pada hari pertama penyelenggaraan cabang olahraga Binaraga PON XXI Aceh-Sumatera Utara yang berlangsung di Medan, tiga medali diperebutkan.

Medali pertama diraih binaragawan asal Sumut Stenly Kaunang pada nomor Fitnes kelas Men Sports Physique Up To 170 cm. Sementara emas kedua diperoleh Kiki Irawan yang juga dari Sumut pada kelas Men Sports Physique Over to 170 cm.

Adapun satu medali emas lainnya pada kelas Men Athletics Physique diraih Sirilius Dwi March Woda asal Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun kelas Women Model menjadi nomor eksibisi.

Sementara pada Rabu (11/9) akan dipertandingkan nomor Putra Bodybuilding - Kelas 80 kg, Kelas 85 kg, Kelas 75 kg, Kelas 70 kg, Kelas 65 kg, Kelas +85 kg, Kelas 60 kg, dan Kelas 55 kg.

Baca juga: Binaraga - Stenly persembahkan medali emas untuk anak dan istri

Baca juga: Binaraga - Kiki Irawan harap raihan emas bisa antarkannya jadi PNS

Baca juga: Tim binaraga Sumut sumbang dua emas pada hari pertama pertandingan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024