Banda Aceh (ANTARA) - Siswa SMA Albanna, Denpasar, Bali bernama Gusti Fazli Kertinegoro lolos ke final panahan di nomor recurve putra dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu.

Remaja berusia 17 tahun tersebut berhasil lolos kualifikasi pada Selasa (10/9), kemudian hari ini berhasil mengalahkan atlet asal Sumatera Utara, Adrian Ananda pada babak 1/16.

Kemudian Gusti juga menyingkirkan atlet asal Jambi, Arya Dwiputra Umarella pada babak 1/8. Lalu mengalahkan atlet asal Banten, Azhar Azaqi pada babak 1/4. Selanjutnya Gusti mengamankan tiketnya ke final dengan mengalahkan atlet asal DI Yogyakarta, Hendra Purnama pada babak semifinal.

Gusti mengaku cukup grogi pada sesi ketiga dan keempat memanah pada saat semifinal lantaran dirinya kehilangan empat poin, namun dirinya berhasil mengejar ketertinggalannya dari Hendra Purnama pada sesi kelima.

"Sempat grogi, soalnya tadi kecolongan empat poin di sesi tiga sama empat. Tapi pas sesi akhir bisa unggul lagi," kata Gusti saat ditemui wartawan di lokasi usai pertandingan, Rabu.

Gusti akan bertemu dengan atlet Jawa Barat, Ahmad Khoirul Baasith di final panahan divisi recurve putra yang akan diadakan Sabtu (14/9) mendatang.

Adapun Ahmad sendiri berhasil mengalahkan atlet asal Sumut, Dicky Herfiansyah Lubis pada babak 1/16. Lalu kembali menyingkirkan atlet asal DKI Jakarta, Yuki Widianto pada babak 1/8.

Lebih lanjut, Ahmad juga mengalahkan atlet asal Bali, Bagus Gede Agus pada babak 1/4. Lalu tiket ke final didapatkannya dengan mengalahkan atlet asal Kalimantan Timur, Alvin Vionda Setyo pada babak semifinal.

Cabang olahraga panahan memperebutkan 19 medali emas dalam PON XXI yang dilombakan lewat delapan nomor perorangan dan 11 nomor beregu pada 10-19 September 2024.

Baca juga: Jadwal panahan PON 2024 pada Rabu 11 September

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024