Medan (ANTARA) -
Fasilitas pertandingan di arena atau venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 mendapatkan pujian karena dinilai telah berstandar internasional.
 
Salah satu pujian datang dari Pelatih Kepala (Head Coach) cabang olahraga Dancesport Kalimantan Tengah (Kalteng) Henora Koffeno Nahan. Ia mengakui fasilitas yang disediakan, mulai dari arena hingga konsumsi, sudah mendukung kebutuhan anak didiknya.
 
“Dancefloor-nya sudah berstandar internasional. Hanya ada sedikit kendala di sirkulasi ruangan, tapi secara keseluruhan, sebagai tuan rumah, Sumut sudah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik,” katanya melalui keterangan tertulis di Medan, Kamis.


Baca juga: Pelindo dukung pelaksanaan PON XXI 2024 dengan fasilitas optimal
Baca juga: Bandara Kualanamu beri fasilitas khusus untuk kontingen PON XXI
 
Selain itu, antusiasme masyarakat Sumut terhadap gelaran PON XXI diapresiasi Feno, panggilan Henora Koffeno Nahan. Hal ini terlihat dari jumlah penonton yang hadir, keramaian jalanan dengan atribut PON, serta partisipasi volunter yang ikut menyukseskan acara ini.
 
“Ketika suatu tempat menjadi titik berkumpul, kemacetan memang tidak terhindarkan, namun itu bagian dari dinamika PON. Saya rasa upaya pemerintah sudah sangat maksimal dalam menangani segala aspek, baik itu fasilitas maupun dukungan keseluruhan,” lanjutnya.
 
Feno menegaskan bahwa suksesnya PON XXI tidak terlepas dari peran besar pemerintah, baik pusat maupun daerah, yang telah berupaya maksimal dalam memfasilitasi kontingen dari seluruh daerah.
 
“Dukungan dari pemerintah menjadi kunci kesuksesan PON kali ini. Dari venue hingga media center semuanya sudah terfasilitasi dengan baik. Ini bisa menjadi patokan untuk event nasional lainnya,” tambah Feno.
 
Dalam ajang ini, Tim Dancesport Kalimantan Tengah berhasil meraih medali perak, dikalahkan oleh tuan rumah, Sumatera Utara, yang memenangkan medali emas. Feno merasa bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih oleh timnya.
 
Pertandingan Dancesport pada PON XXI 2024 wilayah Sumut yang diselenggarakan di Santika Dyandra Convention Kota Medan, Sumatera Utara pada Kamis (12/9/2024) ANTARA/Ilham Kausar


Di tempat berbeda, Pelatih Kepala cabang olahraga Voli Putri Jawa Tengah Agus Suyanto juga menyampaikan pandangannya. Ia memuji penyelenggaraan PON XXI meskipun masih perlu dievaluasi lebih lanjut untuk penyempurnaan ke depan.
 
“Pemerintah sudah berupaya maksimal, dan kita jalani semua dengan positif. Hasilnya akan mengikuti,” ujar Agus usai pertandingan di Sumut Sport Center, Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang pada Rabu (11/9).
 
Pada laga pembuka di cabang voli indoor, Tim Jawa Tengah berhasil mengalahkan Tim DI Yogyakarta, sementara Tim Voli Putri DKI Jakarta mengatasi perlawanan Tim Kalimantan Timur. Caca, Kapten Tim Voli Putri Jateng, menilai laga tersebut sebagai awal yang baik, meskipun pertandingan baru berlangsung pertama kali.


Baca juga: PJ Gubernur Sumut ajak masyarakat jaga fasilitas PON XXI 2024
Baca juga: PB PBI imbau pengda manfaatkan fasilitas yang baru dibangun

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024