Banda Aceh (ANTARA) -

Kontingen Provinsi Aceh, Riau, Jawa Barat dan DKI Jakarta mendapatkan tiket menuju semifinal untuk cabang olahraga anggar nomor floret perorangan putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis.

Dari Provinsi Aceh, atlet anggar yang masuk ke semifinal untuk nomor tersebut yaitu Yudi Anggara Putra dan Erwan Tona. Provinsi Riau diwakili oleh M. Baderullany dan Muhammad Fatah Prassetyo.

Adapun kontingen Jawa Barat yang akan melaju pada nomor tersebut antara lain Adi Selamat dan Ihsan Ariesda Solihin. Sedangkan DKI Jakarta diwakili oleh Raymond Rafael So Andriono dan Aditya Baskara.

Kedelapan atlet yang masuk semifinal itu mencatatkan skor unggul pada babak penyisihan. Salah satunya Yudi (Aceh) yang sempat melawan Ramjan A. Mokodompit asal Papua dengan skor yang terpaut jauh, yakni 15-3. Kemudian ada Aditya (DKI Jakarta) yang sempat melawan M. Fauzi Hadibroto asal Sumatera Utara dengan catatan skor 15-3.

Baca juga: Anggar - Riau cetak emas lewat floret individu putri pada PON XXI

Dalam partai semifinal, Yudi (Aceh) akan berhadapan dengan Baderullany (Riau). Kemudian Raymond (DKI Jakarta) bertanding dengan (Jawa Barat), Aditya (DKI Jakarta) bertanding dengan Ihsan (Jawa Barat), dan Muhammad Fatah (Riau) bertanding dengan Erwan (Aceh).

Sebelumnya pada Rabu (11/9) atau hari pertama pertandingan anggar, Aceh keluar sebagai peraih medali emas untuk sabel perorangan putra melalui atlet Indra Agus Setiawan. Selain itu, ada Riau yang meraih medali emas untuk floret perorangan putri melalui atlet Ayu Pani.

Pada Kamis di tempat yang sama juga berlangsung pertandingan untuk nomor degen perorangan putri. Final nomor floret perorangan putra dan degen perorangan putri akan diselenggarakan pada hari yang sama.

Cabanh olahraga anggar pada PON XXI mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Anggar ini diikuti oleh 26 kontingen provinsi. Pertandingan cabang olahraga ini berlangsung pada 11-16 September 2024.

Pada Jumat (13/9), nomor degen perorangan putra dan sabel perorangan putri akan dilombakan. Selanjutnya, nomor beregu akan dimulai pada Sabtu (14/9), yang diawali dengan floret beregu putri dan sabel beregu putra.

Baca juga: Anggar - Aceh sabet emas sabel perorangan putra PON di hari pertama
Baca juga: KONI Aceh bidik hingga 5 emas cabang anggar pada PON XXI 


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024