Deli Serdang (ANTARA) -
Tim drum band Jawa Barat menargetkan meraih medali emas pada nomor lomba ketepatan dan ketahanan berbaris (LKKB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 yang dijadwalkan digelar pada Jumat (13/9) hingga Senin (16/9).
 
"Kami menargetkan emas di LKKB," kata Manager Tim Drum Band Jawa Barat Iis Minarti kepada wartawan di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis.
 
Iis menyampaikan pihaknya akan mengoptimalkan kekuatan dari segi ketepatan dan ketahanan untuk memenangi nomor pertandingan tersebut. Mereka pun, kata dia menambahkan, sudah mulai berlatih di lokasi pertandingan, Jalan Sultan Serdang, Kualanamu, Sumatera Utara
 
Sejauh ini, tim drum band Jawa Barat tercatat belum meraih satu pun medali emas. Mereka baru meraih medali perak dari lomba berbaris jarak pendek (LBJP) 600 meter putri dan medali perunggu dari LBJP 600 meter campuran.
 
Diketahui, nomor LKKB drum band terdiri atas LKKB 4.000 meter putri, 6.000 meter putra, 6.000 meter putri, 8.000 meter putra, 6.000 meter campuran, dan 8.000 meter campuran. Selain itu, ada pula LKKB estafet. Seluruh nomor pertandingan itu akan digelar di Jalan Sultan Serdang, Kualanamu, Sumatera Utara.
 
Sebelumnya, telah dilaksanakan delapan nomor pertandingan dalam cabang olahraga drum band PON 2024. Delapan nomor pertandingan itu adalah, lomba berbaris jarak pendek 400 meter putri, 400 meter putra, 800 meter campuran, 600 meter putri, 800 meter putra, 600 meter campuran, lomba baris berbaris (LBB), serta lomba unjuk gelar (LUG).
 
Terdapat total delapan provinsi yang menjadi peserta, yakni DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan DI Yogyakarta.
 
Dari delapan nomor itu, pemenang enam nomor pertandingan telah diumumkan. Tersisa dua nomor, yakni LBB dan LUG yang belum diumumkan pemenangkan melalui upacara penghormatan pemenang. Sejauh ini, kemenangan didominasi oleh Provinsi Sumatera Utara yang berhasil meraih medali emas di empat nomor pertandingan, yaitu LBJP 400 meter putri, 600 meter putri, 800 meter putra, dan 600 meter campuran.
 
Menurut atlet drum band Jawa Barat Armel, ia dan teman-temannya siap berupaya dengan maksimal untuk memenangi banyak nomor pertandingan. Mereka, kata dia, optimistis mampu meraih medali emas di nomor-nomor pertandingan drum band berikutnya dengan berbekalkan usaha, doa, dan kepercayaan diri.

Baca juga: Drum band - 'Pede' jadi strategi atlet atasi rasa gugup saat tampil

Baca juga: Jakarta tetap optimistis bisa raih medali perdana drum band

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024