Banda Aceh (ANTARA) - Atlet putri Aceh dan putra Sumatera Utara mengamankan medali emas nomor individual time trial (ITT) 100 meter cabang olahraga sepatu roda pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, Kamis.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Pantai Pelangi, Kabupaten Pidie, Aceh itu, medali emas Aceh diraih Jasmine Safiera, sedangkan emas untuk Sumatera Utara didapatkan Allan Candra Moedjiono.

Adapun hasil final nomor ITT 100 meter putri, medali emas diperoleh wakil Aceh Jasmine Safiera, perak oleh Cory Darya dari Sumatera Barat, dan perunggu didapatkan Najmi Hayati juga asal Sumatera Barat.

Sementara untuk final nomor ITT 100 meter putra, medali emas diperoleh Allan Candra Moedjiono dari Sumatera Utara, perak oleh Ignatius Ario Subagia asal Riau, dan perunggu didapatkan Khansa Fazian Oneal juga dari Sumatera Utara.

Perolehan prestasi atau medali emas ini menjadi yang pertama bagi kedua kontingen tuan rumah. Terutama Aceh, sedangkan Sumatera Utara sudah mengantongi perunggu pada nomor pertandingan sprint 500 meter+D mass start putra.

Sebagai informasi, perolehan medali untuk cabang sepatu roda sementara ini masih didominasi DKI Jakarta dengan total 10 medali dari tujuh nomor yang dilakoni. Diantaranya empat emas, empat perak, dan dua medali perunggu.

Seperti diketahui, cabang olahraga sepatu roda pada PON Aceh-Sumut 2024 melibatkan sebanyak 149 atlet. Bertanding untuk delapan kelas yaitu 200 m ITT sprint 500 m+D UPP, 200 m DTT 10 km point race UPP.

Kemudian, 100 m ITT sprint 1.000 m UPP, team sprint relay UPP, 10 km TTT UPP, nomor freestyle, speed slalom battle slide UPP, dan classic slalom UPP.

Baca juga: DKI Jakarta dan Jatim kuasai medali sepatu roda nomor 10.000 meter
Baca juga: Jakarta sementara dominasi perolehan medali sepatu roda PON XXI

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024