Deli Serdang, Sumatera Utara (ANTARA) - Kontingen DKI Jakarta menyabet medali emas nomor sanda kelas 60kg putra cabang olahraga wushu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut lewat penampilan solid atlet andalan Jumanta.

Jumanta, yang pada PON XX Papua juga meraih medali emas di nomor yang sama, menghentikan perlawanan atlet Jawa Tengah Bintang Reindra Nada Guitara dalam pertandingan final yang digelar di GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu.

Jumanta sukses mengambil babak pertama setelah melalui pertarungan ketat dengan Bintang yang merupakan peraih medali emas SEA Games 2023.

Di babak kedua, Jumanta tampil lebih enerjik. Atlet 27 tahun itu mendapat sejumlah momentum untuk melancarkan serangan yang membuat Bintang terpojok ke tepi arena.

Dia pun berhasil menjatuhkan Bintang ke luar arena sebanyak dua kali pada babak kedua. Hal tersebut cukup bagi Jumanta untuk dinyatakan sebagai pemenang.

Atlet Maluku Utara Sunan Agung Amoragam dan atlet Jawa Barat Kamal Maulansyah berhak atas medali perunggu setelah keduanya gagal meraih kemenangan di semifinal.

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut digelar pada 12 hingga 15 September. Sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu diperebutkan dari 29 nomor yang dipertandingkan.


Baca juga: Wushu - Yusuf pertahankan emas PON dalam pertandingan satu babak
Baca juga: Wushu - Fereddy sabet emas untuk Sumut usai tumbangkan atlet Aceh
Baca juga: Wushu - Thania tak tertandingi usai sabet emas sanda kelas 60kg putri

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024