Medan (ANTARA) - Pebiliar Kalimantan Selatan Gebby Adi Wibawa Putra mengatakan perolehan medali emas pada PON Aceh-Sumut 2024 menjadi motivasi bagi dirinya menuju SEA Games 2025.

"SEA Games mendatang menjadi target saya sehingga hasil di PON ini menjadi motivasi penting menuju ke sana," ujar Gebby kepada ANTARA usai pertandingan laga final di Pardede Hall, Medan, Senin.

Di babak final, Gebby memastikan emas untuk Kalimantan Selatan dari nomor snooker 15 reds ball single putra setelah mengalahkan atlet Bali I Kadek Sugiarta dengan skor akhir 3-1.

Dengan kemenangan itu, ia berhasil mempertahankan gelar juara nomor snooker single PON yang diraih sebelumnya pada PON XX Papua.

Selain itu, ia juga menambah pundi emas untuk Kalimantan Selatan dari cabang biliar menjadi tiga emas, setelah dua rekan satu timnya pasangan Noor Hidayattullah/Jendy Apriadana meraih dua emas pada nomor 8 ball double putra dan 9 ball double putra.

Gebby mengatakan target kejuaraan yang bakal diikuti setelah PON adalah SEA Games. Oleh sebab itu, pencapaian di PON memberinya motivasi lebih.

Baca juga: Tumbangkan pebiliar Gorontalo, Edward rebut emas untuk Jakarta

Gebby pernah tampil pada SEA Games 2023 dan meraih medali perunggu pada nomor snooker double.

Ia menambahkan, PON menjadi momentum yang strategis untuk menimba pengalaman menghadapi lawan-lawan tangguh sehingga bisa mempersiapkan diri lebih maksimal untuk SEA Games.

"Seleksi ke SEA Games akan dimulai tahun depan sehingga setelah PON ini saya masih melanjutkan perjuangan ke sana," ujarnya.

Pada PON Aceh-Sumut 2024, cabang biliar yang berkompetisi pada 9-19 September, mempertandingkan lima nomor utama yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker, diikuti 127 atlet putra dan 14 atlet putri dari 32 provinsi di tanah air.

Baca juga: Biliar - Gebby pertahankan gelar juara snooker single PON
Baca juga: Pebiliar Marlando perkuat dominasi Sumatera Utara dengan emas kelima

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024