Deli Serdang (ANTARA) - Kontingen Kalimantan Selatan menambah pundi-pundi medali emas di Pekan Olahraga nasional (PON) XXI/2024 yang kali dipersembahkan Halida Ulfa dari atletik nomor 20 kilometer jalan cepat putri.

Pada laga final yang digelar di kawasan Sport Center Sumut, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu, dara manis ini berhasil finis terdepan dengan catatan waktu 1 jam 52 menit 34 detik.

Medali perak diraih Violine Intan Puspita dari Jambi yang finis di tempat kedua dengan catatan waktu 1 jam 52 menit 35 detik dan medali perunggu diraih atlet tuan rumah Sumatera Utara Elvi Alvriani dengan catatan waktu 1 jam 56 menit 47 detik.

Perjuangan Halida Ulfa untuk meraih medali emas tidaklah mudah, mengingat awal-awal berjalannya lomba ia sempat tertinggal beberapa langkah dari Violine Intan Puspita.

Namun secara perlahan Halida Ulfa bisa menyusul dan mengiringi langkah Violine Intan Puspita, sementara atlet rumah Sumatera Utara Elvi Alvriani terus menguntit di belakang ke duanya.

Sengitnya persaingan antara Halida Ulfa dan Violine Intan Puspita terus terjadi sepanjang lomba. Namun 1 km menjelang finis, Halida Ulfa mencoba semakin memaju langkahnya mencoba meninggalkan lawannya.

Dengan usaha yang keras, Halida Ulfa akhirnya finis terdepan dengan hanya selisih waktu satu detik dari Violine Intan Puspita yang harus puas dengan medali perunggu dan perunggu diraih Elvi Alvriani.

Catatan waktu yang diraih Halida Ulfa tersebut belum mampu memecahkan rekor PON atas nama Darwati (Jatim) yang diciptakan pada PON tahun 2004 dengan catatan waktu 1 jam 42 menit 17 detik.

Rekor senior atau nasional juga masih miliki Darwati yang diciptakan tahun 2009 dengan catatan waktu 1 jam 39 menit 5 detik.

Usai pengalungan medali, menyebutkan laga yang tidak mudah, karena sepanjang laga lawan terus menempel ketat meski akhirnya bisa memenangkan lomba.

Ia juga menyampaikan beberapa kendala yang dialaminya saat berlomba, seperti beberapa kali langkahnya terpeleset karena adanya gumpalan tanah dan rute jalan yang kurang rata.

"Ada beberapa kali kaki saya terpeleset karena memang tracknya kurang rata dan masih ada tanah yang yang menggumpal. Tapi itu tidak terlalu jadi problem sih. Terimakasih kepada semua yang telah memberikan dukungan kepada saya selama ini," katanya.

Berikut hasil final atletik nomor 20 km jalan cepat putra PON 2024

1.Halida Ulfa (Kalsel) 1.52,34
2.Violine Intan Puspita (Jambi) 1.52.35
3.Elvi Alvriani (Sumut) 1.56.47
4.Sri Julyani (Kalbar) 1.57.14
5.Selvi (Sulsel) 2.03.42
6.Winda Ayuningsih (Jabar) 2.04.24

Baca juga: Dina Aulia raih emas kedua atletik untuk Kalsel
Baca juga: Jabar tambah medali emas atletik dari atlet senior
Baca juga: Raih tiga emas PON XXI, Nella: Saingan terberat itu diri sendiri

Pewarta: Juraidi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024