Deli Serdang (ANTARA) - Tim bola voli putra Jawa Barat mempertahankan medali emas setelah mengalahkan Jawa Tengah dengan skor 3-0 (25-18, 25-22, 25-13) pada partai final PON Aceh-Sumut 2024 di GOR Sumut Sport Center, Deli Serdang, Kamis malam.

Jabar merebut medali emas dua kali berturut-turut setelah pada PON sebelumnya yang digelar di Papua pada 2021 juga meraih medali emas bola voli putra usai mengalahkan DKI Jakarta.
 
Pada pertandingan final kontra Jawa Tengah, Jawa Barat tercatat mampu tampil dominan di setiap set. Pada set pertama, Jabar mengambil inisiatif untuk menekan dan mampu mendapatkan poin pertama hingga unggul beberapa angka atas Jateng.
 
Di sisi lain, Jateng belum mampu menyamakan kedudukan, namun dapat sedikit memangkas jarak poin. Meskipun begitu, Jabar akhirnya mengunci set pertama berkat kemenangan 25-18.
 
Ketika set kedua bergulir, Jateng lebih dulu mendulang poin lebih banyak dan sempat unggul pada kedudukan 12-10, namun Jabar secara perlahan dapat menyamakan angka menjadi 12-12.
 
Meski sempat tertinggal, Jabar dapat perlahan bangkit dan berbalik unggul 17-14 sehingga memaksa Jateng melakukan time out.
 
Baca juga: Bola Voli - Tim putri Jatim patahkan dominasi Jabar

Meski Jateng mampu memangkas selisih perolehan poin, namun Jasen Natanael Kilanta serta kolega mampu mengamankan set kedua dengan skor 25-22.
 
Pada set ketiga, Jabar berupaya untuk mengambil poin pertama, namun smes dari Cep Indra tak sampai sehingga membuahkan poin untuk Jateng.
 
Selanjutnya skuad asuhan Samsul Jais itu mampu unggul 13-9 dan terus menambah keunggulan mereka sehingga berselisih sembilan poin atas Jateng pada kedudukan 21-12.
 
Jabar yang berada di atas angin semakin nyaman menambah keunggulan dan menutup set ketiga dengan kemenangan telak 25-13.

Baca juga: Bola Voli - DKI Jakarta kawinkan medali perunggu PON Aceh Sumut 2024
Baca juga: Bola Voli - Agus nilai tim putri Jateng masih butuh jam terbang

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024