Medan (ANTARA) - Sumatera Utara memasang target satu medali emas dari cabang olahraga panahan pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII/2024 di Solo, Jawa Tengah.

Pelatih para panahan Sumut, Budiono mengatakan pada Peparnas kali ini memang persaingan sengit, terutama datang dari atlet pelatnas yang baru saja tampil di Paralimpiade 2024 Paris.

Begitupun, Budiono melihat ada peluang yang berpotensi medali.

"Nomor Standar nasional kita berpeluang besar. Apalagi, di nomor tersebut memang persaingan merata karena tidak ada atlet elit. Mudah-mudahan satu emas kita bisa rebut," katanya.

Berkaca pada Peparnas 2021 di Papua, panahan Sumut mampu merebut perunggu di nomor compound melalui pasangan ganda putra Guntur/Rajali.

"Pada sektor ganda putra, Guntur/Jali menjadi andalan di nomor Compound. Namun, tidak tertutup kemungkinan atlet lain. Karena atlet elit itu main di recurve terbuka dan compound. Jadi, kalau di standar bow kan semua atlet baru dan non elit," ujarnya.

Baca juga: Tenis meja Sumut optimistis raih emas di Peparnas 2024

Baca juga: Angkat berat Sumut turunkan lifter debutan di Peparnas XVII


Sejauh ini, Budiono mengatakan performa atlet Sumut terus menunjukkan hasil lebih baik. Terbukti di sejumlah event daerah, Sumut bisa bersaing dengan atlet non-difabel.

"Bahkan, kita juga ikutkan mereka di kejuaraan daerah dengan atlet non disabilitas bisa bersaing juga. Makanya, saya optimis mereka bisa berbuat di Peparnas kali ini," kata Budiono.

Rasa optimis tinggi juga dikatakan pemanah putra Sumut, Rajali. Latihan keras dan disiplin tinggi selama pelatda di daerah, tentu tidak akan ia sia-siakan di Peparnas kali ini.

"Kita semua bertekad emas,itu harga mati. Tapi yang terpenting bagi kami tetap fokus dan kerja keras. Kami sadari saingan pasti ada, tapi sebenarnya lawan terberat itu justru diri sendiri," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Hariski Kurniawan Siregar. Atlet asal Kabupaten Deli Serdang ini siap wujudkan emas di Peparnas perdananya.

"Kita tidak mau pulang dengan tangan kosong ke Medan. Semua pengorbanan harus kita bayar lunas di sini. Doakan kami ya," katanya.

Pada Peparnas 2024, cabang para panahan Sumut diperkuat 6 atlet yakni Guntur, Rajali, Ahmad Maradona, Asmen TM Sihotang, Hariski Kurniawan Siregar, Eriadi.

Baca juga: Pj Gubernur minta Sumatera Utara masuk tiga besar Peparnas 2024

Pewarta: Juraidi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024