Sangata (ANTARA News) - Sungai batu ampar kecamatan batu ampar kabupaten kutai timur kalimantan timur mulai meluap akibat curah hujan yang terus menerus terjadi akhir-akhir.

Menurut Camat Batu Ampar, Darmansyah, air sungai batu ampar mulai tadi malam sudah meluap,meskipun belum memasuki pemukiman penduduk, tapi kondisinya terus meningkat.

"Sungainya mulai meluap dan hujan tadi malam berpotensi meningkatnya kondisi banjir," kata Darmansyah, di Sangatta, Selasa.

Dikatakan Darmansyah, dengan kondisi sungai mulai meluap, dirinya telah meminta pada kepala desa di enam desa agar mengingatkan warganya masing-masing supaya waspada.

"Saya sudah meminta para kades agar mengingatkan warganya terutama yang tinggalnya dengan sungai supaya mewaspadai banjir," katanya.

Ia mengatakan ada beberapa desa yang setiap tahunnya menjadi langganan banjir akibat meluapnya sungai.

Ada tiga desa yang menjadi langganan banjir yakni desa telaga, desa mawai indah dan desa batu timbau sedangkan desa lainnya hanya beberapa titik dan ada yang berada di daerah tinggi.

Ia mengatakan selama ini banjir sungai batu ampar akibat meluapnya sungai yang berasal dari sungai wahau ini sudah pernah menelan korban jiwa.

Selain pernah merenggut korban jiwa warganya, banjir luapan sungai ini juga merusak ratusan hektare lahan pertanian warga.

Pewarta: Adi Sagaria
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2014