Tangerang (ANTARA News) - Ketua Badan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR, Ahmad Basarah, mengimbau generasi muda agar secara aktif dapat mengenali ancaman strategis yang dihadapi bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Basarah saat menjadi pembicara dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan Metode Pendidikan Kebangsaan/Bela Negara yang diikuti 100 anggota resimen mahasiswa dari 19 perguruan tinggi DKI Jakarta, di Tangerang, Banten, Jumat.

"Menwa Indonesia sebagai kekuatan generasi muda yang dididik dan dibina memiliki keterampilan ilmu pengetahuan dan keprajuritan harus mengenali dengan baik ancaman strategis bangsa Indonesia," katanya.

Lebih lanjut, Basarah mengajak agar menwa Indonesia bisa berjuang dan berusaha melawan propaganda nilai-nilai asing dengan menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila.

"Dengan berpedoman kepada nilai-nilai Trisakti, yaitu berdaulat secara politik, berdikari di bidang ekonomi dan membangun kebudayaan yang berkepribadian Indonesia," ujarnya.

Basarah mensinyalir ada upaya sistematis untuk menghancurkan bangsa Indonesia dengan cara memasukkan nilai-nilai kebudayaan asing melalui kanal teknologi informasi yang berkembang pesat.

Oleh karena itu, kemajuan dan perkembangan teknologi informasi serta komunikasi yang kian canggih nun modern harus disikapi dengan waspada.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016