Lebak (ANTARA News) - Ruas jalan Provinsi Banten di wilayah Kabupaten Lebak dinyatakan aman dan siap dilintasi pemudik lebaran 2018.

"Semua kondisi jalan sudah bagus dan beraspal hotmix dan betonisasi," kata Pelaksana Pengelola Jalan dan Jembatan Wilayah Kabupaten Lebak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Banten Kuncoro di Lebak, Kamis.

Ruas jalan Pemprov Banten yang kondisinya bagus dan siap dilintasi pemudik itu antara lain jalur Cipanas-Citorek hingga perbatasan Provinsi Jawa Barat.

Selain itu juga sejumlah ruas jalan dalam Kota Rangkasbitung serta Malingping-Bayah-Cibeber-Cilograng.

Saat ini, ruas jalan tersebut dapat memperlancar arus mudik Lebaran. 

Pemprov Banten memperbaiki jalan tersebut, selain demi kelancaran lalu lintas guna menunjang perekonomian masyarakat juga untuk kenyamanan bagi pemudik.

"Kami menjamin arus mudik Lebaran aman, nyaman dan lancar," katanya.

Kuncoro mengatakan, petugas tim reaksi cepat (TRC) juga disiagakan guna mengantisipasi terjadinya longsoran tanah sehubungan curah hujan masih berpotensi. Di samping itu menyiapkan peralatan berat di sejumlah lokasi.

Petugas TRC selama arus mudik dan arus balik Lebaran melakukan piket di Posko Pengendali PUPR Provinsi Banten.

Sebab, ruas jalan yang masuk kategori rawan longsor cukup banyak di antaranya titik jalur Cipanas-Citorek hingga perbatasan Jawa Barat. Jalan tersebut berada di daerah yang topografinya perbukitan dan pegunungan karena berada di kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

"Kami mengimbau pemudik agar mewaspadai jalan rawan longsor itu," katanya menjelaskan.

Baca juga: Polda Banten siapkan antisipasi kemacetan arus mudik

Baca juga: Dinas PUPR: jalur mudik Banten dalam kondisi baik

Pewarta: Mansyur
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018