Jakarta, 11/2 (Antara) - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) menyetujui pembiayaan tempat singgah homestay dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di dua destinasi wisata yakni Desa Wisata Samiran, Boyolali, Jawa Tengah dan Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta. 

Kesepakatan perjanjian kerja sama ini dilakukan antara Direktur SMF Trisnadi Yulrisman dan pejabat BUMDes dari dua desa wisata tersebut di Jakarta, Senin.

Program pembiayaan homestay merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan oleh SMF pada 2019 untuk berperan dalam pembiayaan pengembangan destinasi wisata khususnya pembiayaan tempat singgah.

"Pembiayaan homestay ini adalah bagian dari komitmen SMF membantu program pemerintah mengembangkan destinasi wisata nasional," kata Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo.

Untuk itu, tambah dia, SMF akan memberikan fasilitas pendanaan dan memberikan pendampingan kepada penyalur kredit serta menyediakan sistem pendukung penyaluran kredit.

"Masyarakat dapat memanfaatkan pembiayaan ini untuk membangun atau memperbaiki kamar rumah yang akan disewakan sehingga mendatangkan penghasilan bagi pemilik dan menciptakan lapangan kerja," kata Ananta.

Penugasan khusus ini selaras dengan amanat Presiden yang mengharapkan bahwa pariwisata Indonesia dapat terus diperkuat dan dikembangkan menjadi sektor strategis dan pilar pembangunan perekonomian nasional. 

Selain itu, pariwisata Indonesia juga diharapkan dapat mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 20 juta dan pergerakan wisatawan nusantara sebesar 275 juta perjalanan pada 2019.

Total pembiayaan yang disediakan oleh SMF untuk pengembangan dua destinasi wisata tersebut sebesar Rp2,3 Miliar yakni Rp1,6 miliar untuk Desa Wisata Nglanggeran dan Rp700 juta untuk Desa Wisata Samiran.

Kedua desa wisata yang dipilih tersebut merupakan desa wisata yang terletak di salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas Indonesia.

Selain di wilayah DIY Yogyakarta dan Jawa Tengah, SMF juga akan memberikan pembiayaan "homestay" untuk tiga destinasi wisata lainnya yakni Labuan Bajo, Danau Toba dan Mandalika pada 2019. 

Baca juga: SMF berencana terbitkan surat utang Rp9 triliun
Baca juga: SMF tanda tangani perjanjian dengan bank penyalur KPR FLPP

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019