PON XXI dan Peparnas XVII 2024

Peternakan leluhur di Lembah Lore

  • Selasa, 12 November 2019 07:13 WIB

Suasana pagi peternakan leluhur dengan Rumah Tambingnya di Desa Winowanga, Lore Timur, Poso, Sulawesi Tengah. Ratusan kerbau dan sapi diternakkan di lahan seluas 2.500 hektare itu. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/pras.

Seorang penggembala mendekati hewan ternaknya di peternakan leluhur di Desa Winowanga, Lore Timur, Poso, Sulawesi Tengah. Peternakan yang sudah ada sejak tahun 1818 itu dikelola secara turun temurun oleh keluarga dan menjadi warisan leluhur yang terus dipertahankan dari generasi ke generasi. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/pras.

Penggembala memberikan makanan tambahan kepada hewan ternaknya di peternakan leluhur di Desa Winowanga, Lore Timur. Meski dilepasliarkan, namun setiap penggembala dapat mendekati ternak itu dengan meneriakkan kata "Bure" berulang-ulang dan sapi-sapi itu berlari dari balik bukit. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/pras.

Suasana peternakan leluhur di Desa Winowanga, Lore Timur, Poso. Lebih dari dua abad berlalu, peternakan yang pengelolaannya juga melibatkan lembaga adat setempat masih bertahan hingga kini. Kehadiran lembaga adat di peternakan leluhur itu bukan tanpa alasan, karena seluruh hasil peternakan hanya akan didistribusikan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat tradisi yang melanggengkan adat. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/pras.

Sejumlah kerbau mencari makan di peternakan leluhur di Desa Winowanga, Lore Timur, Poso, Sulawesi Tengah. Kerbau dan sapi di peternakan ini juga dijual, tapi tidak untuk umum, jadi hanya untuk kegiatan adat seperti pesta pernikahan, selamatan atau kegiatan adat lainnya. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/pras.

Ketua Adat SN Ama memberi minum kerbau-kerbau yang belum dilepas di padang luas di peternakan leluhur di Desa Winowanga, Lore Timur, Poso, Sulawesi Tengah. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/pras.

Sejumlah kerbau meminum air garam yang diberikan oleh ketua adat di peternakan leluhur di Desa Winowanga, Lore Timur, Poso, Sulawesi Tengah. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/pras.

Pengelola peternakan menggembala hewan ternaknya sambil mengendarai sepeda motor di peternakan leluhur di Desa Winowanga, Lore Timur, Poso, Sulawesi Tengah. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/pras.

Komentar

Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Berita Terkait