New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham AS ditutup menguat pada Kamis, setelah kepala Citigroup, Vikram Pandit, mengatakan ia yakin bank berada di jalur pemulihan yang berkelanjutan sehingga mengangkat sentimen pasar.

Setelah dibuka turun tajam, pasar menuju wilayah positif di jam akhir perdagangan, mendorong Dow Jones Industrial Average naik 43,31 poin (0,41 persen) menjadi 10.610,64 di penutupan pasar.

Indeks Komposit Nasdaq naik 9,51 poin (0,40 persen) menjadi 2.368,46 sementara pasar luas indeks Standard & Poor`s 500 naik 4,45 poin (0,39 persen) ke penutupan sementara 1.150,06.

Sebelumnya saham yang diperdagangkan hampir tidak berubah setelah laporan pengangguran mengecewakan dan data inflasi China meningkatkan kekhawatiran tentang upaya Beijing untuk mendinginkan ekonominya di titik panas.

Analis Charles Schwab & Co mengatakan pasar memprihatinkan setelah data ekonomi dari China lebih kuat dari yang diperkirakan "menimbulkan beberapa kekhawatiran bahwa pemerintah dapat mengendalikan langkah stimulus dan mengancam pemulihan global."

Rasa takut "itu diperburuk oleh laporan klaim awal mingguan pengangguran AS," para analis mengatakan dalam sebuah catatan klien.

Harga konsumen China naik untuk keempat bulan berjalan pada Februari sementara pinjaman baru melambat tajam, data resmi menunjukkan Kamis karena pemerintah kampanye untuk menjinakkan inflasi di perekonomian yang berkembang pesat.

Al Goldman dari Wells Fargo Advisor mengatakan pasar terbukti ulet.

"Pasar terus bertindak sangat baik menghadapi segudang keprihatinan dan potensi batu sandungan," katanya.(A026/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010