Solo (ANTARA News) - Perwakilan Asian Football Confederation (AFC) Senin siang di Solo, Jawa Tengah, menggelar rapat dengan anggota Komite Normalisasi PSSI dan membahas persiapan Kongres PSSI yang akan digelar 9 Juli mendatang.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh perwakilan AFC, Jim Jhonson, anggota Komite Normalisasi Joko Driyono, FX Hadi Rudyatmo, Kepala Polresta Surakarta, AKBP Listyo Sigit Prabowo, dan bersama panitia pusat serta lokal.

Joko mengatakan, kedatangan ke Solo untuk melihat persiapan Kongres PSSI antara lain menyangkut masalah tempat, logistik, persidangan, dan keamanan.

"Kami rencana dua hari di Solo, dan Senin ini melakukan koordinasi dengan panitia lokal," katanya.

Mengenai rencana Pemerintah Kota Surakarta menggelar kirab untuk menyambut Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Solo, katanya, KN mendukung upaya Kota Solo itu demi sukses kongres.

Ia menjelaskan, secara teknis pelaksanaan penyambutan peserta kongres diserahkan kepada pemkot sebagai tuan rumah.

Panitia pusat pelaksana kongres terus melakukan koordinasi dengan lokal untuk sukses kegiatan tersebut.

Namun, katanya, tidak mudah mengoordinasikan antara panitia pusat dengan lokal karena panitia lokal sifatnya pelengkap.

Hal itu, katanya, diserahkan sepenuhnya kepada Wali Kota Surakarta sebagai ketua panitia pelaksana. "Pusat menyiapkan poin-poin persiapan kongres dan dapat dilaksanakan panitia lokal."

Wakil Wali Kota Surakarta yang juga anggota KN, FX Hadi Rudyatmo, menjelaskan, Kota Solo sudah siap menyukseskan kongres antara lain menyangkut lokasi sidang dan keamanan, termasuk menyuguhkan kirab menyambut peserta kongres.

Ia mengatakan, diperkirakan peserta kongres mulai berdatangan ke Kota Solo mulai Kamis (7/7). Pada Sabtu (9/7) pelaksanaan sidang untuk memilih ketua umum, wakil ketua, dan komite eksekutif.

"Para peserta nantinya akan dikirab budaya terlebih dahulu sebelum memasuki arena kongres PSSI," katanya.

Pemkot setempat rencananya mengirimkan surat kesediaan para peserta kongres untuk mengikuti kirab budaya. Panitia sudah menyiapkan aparat keamanan untuk mengamankan Kongres PSSI di kota itu.

"Kami akan memasang petugas sesuai ring-ring pengamanan di ruangan maupun di luar sidang. Di ruang sidang selain peserta dan tamu undangan kongres dilarang masuk," katanya.

Ia mengatakan, para suporter yang akan memberikan dukungan demi suksesnya kongres tidak diizinkan memasuki ruang sidang.

Pihaknya telah membuat rencana pengamanan kongres demi suksesnya pelaksanaan sidang. Panitia juga akan menyediakan layar lebar untuk masyarakat yang ingin melihat langsung jalannya kongres.

"Persiapan Kongres PSSI di Solo, sudah siap dan oke," kata Jim Jhonson usai pertemuan itu.

(B018/M029)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011