Jakarta (ANTARA News) - Komite Normalisasi berencana melakukan sosialisasi tata cara pemilihan kepada seluruh pemilik suara sebelum pelaksanaan Kongres PSSI di Solo, Jawa Tengah, 9 Juli 2011.

Anggota Komite Normalisasi Joko Driyono di Jakarta, Selasa, mengatakan, sosialisasi tetap cara pemilihan hingga bagaimana proses mendapatkan pemenang akan dilakukan selama dua hari, 4-5 Juli.

"Semuanya akan dibahas di situ. Jadi sosialisasi tidak hanya dilakukan sebelum sidang berlangsung. Yang jelas ini terbuka untuk media," katanya usai pertemuan dengan perwakilan AFC.

Menurut dia, dengan adanya sosialisasi diharapan semua pemilik suara yang akan menghadiri kongres dengan agenda pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Komite Eksekutif PSSI bisa memahami tata cara yang ada.

Dengan demikian, kata dia, kongres diharapkan berjalan lancar sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan. Apalagi kongres nanti akan dipantau oleh masyarakat Indonesia hingga FIFA.

"Kami ingin semuanya lancar," kata pria yang juga menjabat sebagai pelaksana tugas Sekjen PSSI itu.

CEO PT Liga Indonesia itu menambahkan, sosialisasi tata cara pemilihan yang akan dilakukan merupakan salah satu rekomendasi dari perwalikan AFC yang meninjau langsung persiapan kongres baik di Jakarta maupun Solo Jawa Tengah.

"Tidak banyak koreksi dari perwakilan AFC. Hanya meminta persiapan terutama sosialisasi dilakukan dengan cepat," katanya menegaskan.

Perwakilan AFC yang meninjau langsung persiapan kongres baik di Solo maupun Jakarta adalah Legal Executif AFC James Johnson.

Dari hasil pemantau langsung ke dua tempat itu, James Johson mengaku semuanya telah dipersiapkan dengan baik. Pihaknya berharap kongres bisa berjalan sesuai dengan aturan yang ada.

"Komite Normalisasi telah memahami akan tugasnya. Yang jelas hasil kunjungan saya kesini akan kami laporkan ke AFC," katanya usai pertemuan dengan Komite Normalisasi.

Sementara itu, Ketua Komite Normalisasi Agum Gumelar mengaku pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan AFC yang merupakan kepanjangtanganan dari federasi sepak bola dunia (FIFA) itu.

"Koordinasi tetap kita lakukan. Yang jelas persiapan telah berjalan dengan baik. Untuk panitia lokasi bahkan telah menegaskan semuanya telah siap," katanya.

Kongres PSSI dengan agenda pemilihan ketua umum, wakil ketua dan anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015 harus dilakukan sesuai jadwal dan harus memperoleh keputusan. Jika tidak maka sanksi tegas FIFA akan berlaku per 11 Juli nanti.(*)

(T.B016/F002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011