Batanghari, Jambi (ANTARA) - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi dipacu berani dan rajin melakukan promosi lintas ruang serta wilayah baik secara langsung maupun daring untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

"Bukan saatnya lagi UMKM hanya asyik berproduksi, karena selain harus menghasilkan produk berkualitas, juga harus didukung oleh pemasaran dan promosi yang intensif. Bisa secara langsung maupun daring, banyak yang bisa dilakukan," kata Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar di Muarabulian, Batanghari, Jambi, Minggu.

Karena dengan berpromosi, lanjutnya, produk yang dihasilkan akan dikenal dan bisa dipasarkan lintas daerah, bahkan lintas negara.

"Kreativitas dan inovasi produk, juga harus didukung optimalisasi promosi dan pemasaran. Untuk promosi bisa dilakukan secara kelompok dan komunitas, bisa juga secara individu melalui jaringan digital yang tersedia saat ini," katanya.

Untuk membangkitkan minat berpromosi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari menggelar "Pekan Raya Batanghari Tangguh 2022" guna membantu pemasaran produk UMKM yang ada di daerah itu, sekaligus meningkatkan lapangan kerja.

Baca juga: Sandiaga Uno dukung promosi dan produktivitas UMKM

Kegiatan digelar di halaman Gendung Olahraga Bulian Sport Center (BSC) Waskita di Kota Muara Bulian yang berlangsung 10 hari pada  2 -11 September 2022.

"Pekan raya memiliki peran penting dalam pemasaran serta jaringan bisnis di sektor perdagangan," kata kata Bakhtiar.

Pekan Raya Batanghari Tangguh merupakan serangkaian kegiatan hiburan, lomba, pameran berbasis budaya. Pemerintah mengharapkan melalui ajang itu dapat menjadi pembangkit semangat promosi dan meningkatkan lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Pekan Raya Batanghari Tangguh 2022 ini ke depannya dapat kita selenggarakan secara rutin. Sehingga menjadi ajang berpromosi produk lokal, serta mempertemukan produsen dengan konsumen," ujarnya

Ratusan pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di daerah itu ikut ambil bagian. Selain menampilkan produk lokal, juga diikuti sejumlah produk dari luar daerah serta beberapa merek ternama.

Baca juga: Menparekraf: Program AKI 2022 fasilitasi UMKM promosi produk di mall

Pewarta: Syarif Abdullah dan Riski Apriyani
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022