Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka lebih rendah pada Selasa, karena perkiraan hati-hati dari HSBC membebani indeks utama STOXX 600, sementara saham perusahaan energi Prancis Engie membantu membendung beberapa penurunan menyusul keuntungan tahunan yang lebih tinggi.

Indeks STOXX 600 di seluruh benua melemah 0,2 persen pada pukul 08.06 GMT.

Investor juga mengincar rilis risalah dari pertemuan kebijakan terbaru Federal Reserve AS pada Rabu (22/2/2023).

Bank terbesar Eropa HSBC Holding PLC merosot 1,2 persen karena prospek hati-hati pemberi pinjaman membuat investor merenungkan apakah dorongan dari suku bunga yang lebih tinggi mungkin telah mencapai puncaknya, meskipun laba kuartalannya melonjak 92 persen.

Saham perusahaan energi Prancis Engie SA melonjak 4,1 persen setelah melaporkan peningkatan laba yang tajam untuk tahun 2022, berkat harga gas alam dan listrik yang lebih tinggi setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Saham Engie mendorong indeks sektor utilitas Eropa terangkat 0,3 persen, menjadikannya pencetak keuntungan teratas untuk hari itu.

Perkembangan di Ukraina kembali menjadi fokus, menjelang pidato Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menetapkan tujuan tahun kedua invasinya.


Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi didorong sektor pertambangan
Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, kekhawatiran suku bunga naik muncul kembali
Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi terangkat kenaikan saham Airbus

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2023