Makassar (ANTARA Nes) - Pesilat pelatnas andalan Sulawesi Selatan Awaluddin, mengaku optimistis kembali memperkuat tim Indonesia pada kejuaraan internasional Belgia Terbuka, Mei 2013.

Awaluddin yang dihubungi Makassar-Jakarta, Rabu, mengatakan, peluang tampil di kejuaraan dunia cukup terbuka karena hanya akan bersaing dengan dua pesilat lain di kelas A. Dirinya juga memiliki modal saat berhasil meraih emas pada Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) ASEAN XVI di Viantine, Laos, 12-20 Desember 2012.

Peluang Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga UNM tersebut semakin besar mengingat pada saat yang bersamaan akan digelar dua kejuaraan dunia yakni Belgia Open dan Australia Open.

"Dua dari tiga pesilat yang berada di kelas A akan tampil di Belgia Open dan Australia Open 2013. Peluang inipun yang membuat saya cukup yakin dapat memperkuat Indonesia sekaligus memberikan prestasi yang membanggakan," jelasnya.

Guna mewujudkan harapannya untuk kembali memperkuat timnas Indonesia, dirinya mengaku lebih fokus memanfaatkan setiap latihan selama dalam Pelatnas.

Pesilat asal Makassar itu juga berharap bisa menjaga kondisi dan penampilannya hingga pelaksanaan seleksi yang direncanakan 15-17 Maret 2013.

"Atlet Jatim dan Jateng yang menjadi saingan di kelas A memang memiliki kemampuan yang seimbang. Namun saya tetap optimistis bisa membuktikan diri sehingga terpilih mewakili Indonesia," katanya.

Sikap optimistis juga disampaikan pesilat Sulsel lainnya Johan. Atlet asal Kabupaten Bantaeng, Sulsel itu mengaku yakin bisa tampil di salah satu kejuaraan dunia tersebut.

Pesilat yang sukses meraih emas di Thailand tersebut juga berharap bisa lolos dari seleknas sehingga makin memuluskan langkahnya tampil di SEA Games Myanmar 2013.

"Setiap atlet masih memiliki peluang yang sama untuk tampil di kejuaraan dunia. Makanya saya akan lebih fokus meningkatkan kemampuan saya agar peluang terpilih semakin besar," ucapnya.

Pelatih silat Sulsel Muhammad Ashary, mengakui atlet didikannya tersebut berpeluang cukup besar karena potensi yang dimilkinya. Pengalaman tampil disejumlah kejuaraan dunia juga diharapkan semakin menambah motivasinya saat seleksi.

"Jika bisa menguasai emosinya saat sparing di seleknas nanti maka akan meraih hasil yang diharapkan. Kita juga berharap untuk tetap fokus dan tidak memandang enteng lawan yang secara kualitas cukup seimbang," ujarnya.

(KR-DF/F003)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013