Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat (Jakbar) sudah menyiapkan lokasi penyimpanan logistik Pemilu di delapan kecamatan termasuk satu unit gudang untuk penyimpanan logistik awal dan akhir.

"Kita sudah lengkap semua," kata Ketua KPU Jakbar, Endang Istianti saat ditanya soal kesiapan penyimpanan logistik Pemilu 2024 di Jakarta, Rabu.

Untuk gudang logistik awal dan akhir, Istianti menyebut sudah mendapat satu unit  gudang di wilayah Rawa Buaya, Cengkareng.

"Jadi lokasi gudang awal dan gudang akhir ini sama, yaitu kita sewa di Rawa Buaya, Cengkareng. Gudang awal fungsinya untuk menyimpan barang datang dari provinsi dan pusat juga, seperti kotak, bilik dan lain-lain itu langsung masuk ke gudang itu," kata Istianti.

Pada Desember 2023 logistik-logistik tersebut akan didistribusikan menuju delapan kecamatan, kata Istianti.

"Desember kita distribusi ke semua kecamatan," ungkapnya.

Untuk lima kecamatan, yakni Kecamatan Tambora, Taman Sari, Kebon Jeruk, Cengkareng dan Grogol Petamburan, KPU Jakarta Barat sudah menetapkan Gelanggang Olah Raga (GOR) dari lima kecamatan tersebut sebagai lokasi penyimpanan logistik Pemilu 2024.

Sementara itu, untuk tiga kecamatan lainnya, yakni Kalideres, Kembangan, dan Palmerah, KPU Jakbar mendapatkan opsi lain.

"Kalau di Kalideres itu kan jadinya Sekolah Harapan Mulia di Perumahan Citra Garden I Blok AE4 No. 1, RT/RW:11/15," ungkapnya.

Sementara untuk Kecamatan Kembangan, KPU Jakbar akan menggunakan ruang serba guna Perumahan Permata Buana, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan.

"Nah, untuk Palmerah rencananya memakai Sasana Krida Handayani, saat ini prosesnya masih berjalan. Ada beberapa syarat pemakaian gedung dari Kementerian Pendidikan yang perlu disepakati. Tetapi kalau itu nanti belum jadi, pilihan terakhir kita pakai gedung milik Polres Jakbar," ucap Istianti.

Istianti menyebut ketika perhitungan kemudian rekapitulasi suara oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah selesai semua, beres, kemudian baru dibawa lagi ke Gudang Sewa Rawa Buaya tadi.

"Jadi nanti barang selesai semua penghitungan nanti Februari, itu nanti baliknya ke situ lagi (Gudang Sewa Rawa Buaya). Jadi awal dan akhir," ucap Istianti.
Baca juga: KPU DKI jamin TPS Pemilu 2024 di Jakarta ramah pemilih disabilitas
Baca juga: KPU DKI ingatkan parpol segera serahkan pencermatan rancangan DCT
Baca juga: Wali Kota dan KPU Jakpus sebut RT-RW berperan penting lancarkan pemilu


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023