Jakarta (ANTARA) - Pembalap Gresini Racing Marc Marquez buka suara tentang insiden tabrakannya dengan sang juara bertahan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia di MotoGP 2024 Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Minggu.

Pada balapan dengan 25 lap itu, keduanya terjatuh pada lap ke-23 saat duel perebutan posisi kelima.

Saat itu, Marquez yang berada di posisi keenam, berhasil menyalip Bagnaia di tikungan, tetapi pembalap asal Italia itu berusaha kembali mengambil alih posisi kelimanya dengan masuk dari sisi dalam.

Marquez berusaha menutup jalur yang ingin dimanfaatkan itu, sedangkan Bagnaia terus berusaha masuk sehingga keduanya bersenggolan dan akhirnya sama-sama tergelincir.

“Pecco berusaha mempertahankan posisinya, mungkin dengan sedikit optimisme. Hasilnya tetaplah hasil yang tidak diharapkan oleh siapa pun,” kata Marquez, demikian dilansir dari laman resmi timnya Gresini Racing, Senin.

Baca juga: Marquez makin nyaman hadapi MotoGP Portugal setelah podium Sprint

Insiden tabrakan tersebut sempat diinvestigasi oleh pihak MotoGP. Namun, setelah selesai penyelidikan, pihak MotoGP memutuskan kejadian itu sebagai insiden balap sehingga tak ada tindakan lebih lanjut yang diambil.

“Insiden balapan yang tidak diinginkan oleh siapa pun dari kami. Kami pulang tanpa poin, tapi setelah akhir pekan yang positif di mana kami menemukan kontinuitas dan kecepatan,” kata Marquez.

“Para pengurus telah memutuskan bahwa insiden tersebut tidak memerlukan sanksi dan kami menerima keputusan tersebut,” lanjutnya.

Baca juga: Bagnaia tatap GP Amerika setelah hasil kurang memuaskan di Portugal
Baca juga: Bastianini sebut capaiannya di MotoGP Portugal sesuatu yang istimewa


Lebih lanjut, melalui sosial media resmi X-nya, Marquez mengaku cukup puas dengan pencapaiannya di MotoGP Portugal yang meraih runner-up di sesi sprint, Sabtu (23/3).

“Akhir pekan tidak berakhir seperti yang diharapkan, tapi saya puas dengan itu. Kami terus berkembang!,” kata pembalap 31 tahun itu.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024