Jakarta (ANTARA) -
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) berharap PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memberi kemudahan pengangkutan alat pertandingan saat Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) dan agenda multievent lainnya.
 
Dalam keterangan tertulis di laman KONI Pusat yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman meminta dukungan transportasi orang dan juga bantuan kemudahan untuk transportasi peralatan pendukung pelaksanaan event kepada Garuda Indonesia (GI).
 
"Saya berharap KONI Pusat dapat berkolaborasi dengan GI sehingga menjadi suatu hal menarik. Dari 36 Provinsi yang akan mengikuti PON XXI Aceh-Sumut, semoga dapat kemudahan khususnya dalam pengiriman peralatan pertandingan," kata dia saat menerima kunjungan Direktur Utama GI Irfan Setiaputra, di Kantor KONI Pusat, Kamis.

Baca juga: Pj Gubernur ajak Garuda Indonesia sukseskan PON Aceh 2024
 
Ia menambahkan, selain pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut, KONI juga mempunyai agenda terobosan multievent lainnya, yaitu Indonesia Martial Art Games (IMAG) II/2025, Pekan Olahraga Pantai Nasional, Pekan Olahraga Indoor Nasional, dan PON Remaja.
 
Oleh karena itu, GI sebagai salah satu perusahaan badan usaha milik negara (BUMN), diharapkan turut berkontribusi pada kegiatan olahraga yang berdampak kepada sport tourism.
 
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan siap untuk mendukung peningkatan prestasi olahraga di tanah air, melalui dukungan dalam pelayanan penerbangan udara, serta fasilitas pelayanan bagi para atlet, ofisial dan jajaran pengurus KONI.

Baca juga: Garuda Indonesia dukung penerbangan kegiatan PON di Papua
 
"Saya berharap bahwa rencana kerja sama dengan KONI dapat terpublikasi ke KONI provinsi (kontingen), terkait pengangkutan peralatan saya menyarankan kepada kontingen dapat mengirimkan peralatan secara bertahap," ujar Irfan.
 
Sebelumnya, KONI Pusat dan Garuda Indonesia telah sah bekerja sama sejak 2021.
 
Dua entitas itu telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bekerja sama di Hanggar 2 GMF AeroAsia, Cengkareng, pada 7 Mei 2021. Kini, kerja sama kembali diperkuat, khususnya untuk transportasi peserta dan tamu PON XXI Aceh-Sumut pada September nanti.

Baca juga: KONI Pusat: Pembangunan fasilitas PON 2024 terhitung cepat
Baca juga: Menpora harap KONI Pusat jalin komunikasi intens untuk persiapan PON

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024