Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN akan menggelar Kelana Wastra Fashion Fest 2024 (KAWFEST) sebagai upaya untuk memperluas pasar produk fesyen UMKM dan mengembangkan bisnis UMKM dalam produksi wastra nusantara.

KAWFEST 2024 yang untuk pertama kalinya digelar ini akan berlangsung selama empat hari pada 25–28 April 2024 di Sarinah Thamrin Jakarta.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, mengatakan terdapat tiga komponen acara pada KAWFEST 2024, yaitu bazar khusus produk fesyen, kompetisi desain fesyen yang melibatkan siswa-siswi sekolah mode, dan peragaan busana.

“Nanti akan ditampilkan karya-karya desainer yang sudah punya nama dan desainer-desainer dari (UMKM) binaan BUMN. Fokusnya tetap yang dibawakan adalah pakaian tematik bernuansa wastra nusantara,” katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para perajin wastra nusantara, pebisnis fesyen, desainer dan calon-calon desainer muda. Harapannya juga semakin banyak UMKM fesyen Indonesia yang berkembang dan memperluas pasarnya lewat KAWFEST 2024.

Loto menyebut ada 80 UMKM binaan BUMN yang terlibat dalam bazar kali ini. Selain menampilkan peragaan busana karya dari desainer-desainer ternama, akan ada juga peragaan busana dari sekitar 64 UMKM yang memiliki jenama fesyen sendiri.

Sejumlah desainer yang ikut terlibat dalam acara ini, di antaranya Oscar Lawalata Culture, Musa Widyatmodjo, Denny Wirawan, Didiet Maulana, Yukako, dan Mariko.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024 merupakan bagian dari Bazar BUMN untuk Indonesia yang diselenggarakan untuk mendukung pengembangan dan perluasan pasar UMKM di Indonesia.

Pada 2024, Kementerian BUMN bekerja sama dengan perusahaan BUMN akan menyelenggarakan 13 kali Bazar UMKM untuk Indonesia di delapan kota: Jakarta, Bandung, Medan, Bali, Balikpapan, Jayapura, Makassar, dan Labuan Bajo.

Baca juga: IFC: "Modest fashion" berbahan wastra bisa jadi andalan Indonesia
Baca juga: Kemenkop UKM andalkan model bisnis agregasi di sektor wastra dan kriya
Baca juga: Teten: Cerita Nusantara jadi ajang pamer ekosistem wastra dan kriya

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2024