Kabupaten Bone Bolango (ANTARA) - Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli menyebut kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke RSUD Toto Kabila sangat berarti untuk meningkatkan fasilitas kesehatan.

"Beberapa fasilitas seperti kamar operasi di sini yang belum memenuhi standar, itu beliau kunjungi langsung dan akan dibantu penganggarannya," ucap Merlan di Bone Bolango, Senin.

Direktur RSUD Toto Kabila, Ronal Ibrahim mengatakan saat ini pihaknya masih membutuhkan sumber daya manusia, gedung dan alat-alat kesehatan.

"Saat ini, Rumah Sakit Umum Toto Kabila masih berada di tipe C dan sekarang masih dalam pengurusan naik ke tipe B," ucap Ronal.

Baca juga: Mentan mendampingi Presiden Jokowi panen jagung di Gorontalo

Ia menjelaskan, pihaknya membutuhkan gedung dan peralatan kesehatan lainnya, sehingga dengan kedatangan Presiden merupakan angin segar bagi peningkatan pelayanan kesehatan di rumah sakit itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan siap membantu pengadaan alat kesehatan berupa Cath Lab atau angiografi dan mammografi di Rumah Sakit Umum Daerah Toto Kabila.

Cath Lab merupakan alat pemeriksaan pembuluh darah menggunakan sinar X. Sementara untuk mammografi alat untuk pemeriksaan payudara menggunakan sinar X.

Presiden Jokowi menilai, alat yang disalurkan ke RSUD Toto Kabila seperti CT Scan besar dengan anggaran kurang lebih Rp20 miliar telah dioperasikan dengan baik.

Baca juga: Tiga Menteri dampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Sulbar

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024