Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengingatkan pentingnya perbaikan ekonomi dan sumber daya manusia (SDM) untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota global (global city).
 
"Bagaimana menciptakan iklim yang kondusif, dolar yang stabil, dan infrastruktur yang baik tentunya harus berlandaskan kepada ekonomi dan SDM yang kuat," kata Gilbert saat dihubungi di Jakarta, Kamis.
 
Menurut Gilbert target yang harus dikejar dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota global, antara lain transportasi, perumahan, penyelesaian masalah banjir, revitalisasi sungai, dan lain sebagainya.
 
"Transportasi, perumahan, banjir, sungai dan lain-lain agar menjadi kota modern, itu seharusnya yang menjadi target. Otomatis akan jadi kota global," ujar Gilbert.
 
Selain itu, terkait SDM, Pemprov DKI Jakarta berkewajiban memberikan pelatihan sesuai kebutuhan yang ada seperti mengelas dan keterampilan tambahan lainnya.
 
"Itu juga lebih dominan ke pendidikan vokasi oleh Kementerian. Kalau mau dilakukan kerjasama dengan pihak industri, kebutuhan tenaga kerja yang sesuai pasar," ucap Gilbert.
 
Lebih lanjut, Gilbert menyebut Jakarta harus dikelola oleh kepala daerah yang berpikir maju, sehingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang ada benar-benar berdampak pada kemajuan kota.
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut ekonomi mapan dan terkoneksi dengan dunia luar menjadi salah satu indikator untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global.
 
"Jakarta tetap dinilai oleh para penilaian kota-kota besar maka ada beberapa poin-poin yang saya sebutkan untuk memperjuangkan Kota Jakarta bisa mendapat peringkat yang lebih baik," kata Heru dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKDP 2025 dan RPJMD 2025-2045 Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (23/4).
 
Adapun parameter ekonomi yang mapan dan terkoneksi secara global untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global (global city), antara lain kapasitas riset dan inovasi yang baik, dukungan pariwisata dan budaya yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung.
 
Lalu lingkungan yang bersih dan nyaman, dan aksesibilitas yang memadai agar Jakarta tetap terlihat baik oleh para penilai kota-kota besar dunia.
Baca juga: KAHMI Jaya siap ambil peran sukseskan "Jakarta Global City"
Baca juga: Pelaku usaha perlu sikapi perkembangan teknologi capai Indonesia Emas
Baca juga: Kadin DKI siapkan dunia usaha dukung Jakarta jadi kota global

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024