Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar workshop film Fesbul bertajuk Passion, Roots, Movement di Bogor, Jawa Barat, untuk meningkatkan kualitas para sineas muda di Lokus 2 Banten & Jawa Barat.
 
"Melalui kegiatan workshop ini, para sineas diharapkan dapat mengembangkan karya filmnya secara berkelanjutan. Film juga dapat membuka lapangan kerja lebih luas dan membangun ekonomi kreatif di daerah. Semoga para sineas daerah dapat mengangkat berbagai isu melalui karyanya di tingkat internasional," ujar Koordinator Musik, Seni Pertunjukan dan Seni Rupa Kemenparekraf Sudaryana di Jakarta, Kamis.
 
Fokus utama workshop Film Fesbul tahun ini adalah pada penulisan skenario, penyutradaraan, dan produksi film, melalui pembelajaran intensif dan interaksi langsung dengan para ahli di bidangnya, termasuk Abdul Manaf (Produser), Tumpal Tampubolon (Penulis), dan Makbul Mubarak (Sutradara), yang menjadi mentor.

Baca juga: Kemendikbudristek: Antusiasme sineas di "Layar Indonesiana" meningkat
 
Workshop yang digelar tiga hari dengan 20 peserta ini, pada hari pertama, peserta berkesempatan untuk menyampaikan ide cerita mereka, diikuti dengan pemaparan materi tentang penulisan naskah, aspek penyutradaraan hingga wawasan seputar produserial film.
 
"Hari kedua, dilanjutkan dengan sesi One on One Mentoring, di mana peserta dapat berkonsultasi langsung dengan para mentor tentang proyek film mereka," ujar Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Ana Ismawati.
 
Pada hari terakhir, peserta mempresentasikan ide cerita mereka setelah melalui proses mentoring. Melalui workshop ini, peserta juga dapat berjejaring dan berdiskusi untuk kemungkinan kolaborasi di masa depan.

Baca juga: Pariwisata dan ekraf dinilai bisa jadi pelopor kesetaraan gender
 
Workshop Film Fesbul memberikan kesempatan bagi 2 proyek terbaik dari seluruh lokus untuk terjun ke dunia komersil dan berpartisipasi dalam film market festival internasional tahun 2025.
 
Untuk melanjutkan semangat ini, Fesbul akan mengadakan Workshop Film Fesbul Lokus 3 di Malang pada tanggal 3-5 Mei mendatang. Pendaftaran terbuka bagi para sineas di wilayah DKI Jakarta & Jawa Timur mulai 19-25 April 2024.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024