Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau Iskandar Hoesin menargetkan peroleh sebanyak 25 medali emas dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, 8-20 September 2024.

"Tentu untuk mencapai target tersebut sudah melakukan pemusatan latihan dan mengevaluasi persiapan kesehatan atlet dan tim, serta melakukan sejumlah penguatan dan mengukur kekuatan atlet," kata Iskandar Hoesin, di Pekanbaru, Sabtu (27/4).

Menurut dia, sebelum pelaksanaan pemusatan latihan berjalan, maka pengecekan fisik atlet apakah harus diperbaiki serta memetakan cabang olahraga yang berpotensi meraih medali emas.

Ada lima cabang olahraga, katanya menyebutkan, yang lebih dulu menjalani penguatan latihan seperti cabang olahraga angkat besi, angkat berat, senam, anggar, dan dayung.

"Semoga atlet tersebut pada cabang olahraga-cabang olahraga yang sudah diberi target medali berhasil. Sedangkan cabang olahraga lain-lain juga diberikan target bisa meraih medali. Dan berharap juga bisa mempertahankan posisi di 10 besar PON," kata Iskandar Hoesin.

Selain itu, pelaksanaan tes fisik dan kesehatan terhadap semua atlet Riau yang lolos PON sudah dilakukan pada awal tahun 2024, baik terhadap atlet yang sudah dinyatakan lolos PON atau babak kualifikasi PON dari hasil pekan olahraga wilayah (porwil).

Ketua Tim Satuan Pelaksana (Satlak) KONI Riau dr Nurzelly mengatakan tes fisik atlet akan ditinjau kembali, setelah melakukan pemusatan pelatihan berjalan dan atlet akan dinilai sesuai dengan cabang olahraga.

"Tes fisik dilakukan untuk mengevaluasi kekuatan dan persiapan atlet, dan jika ada atlet yang tidak mencapai standar minimal maka bisa melaporkan untuk diperbaiki sesuai keilmuan olahraga," demikian Nuzelly.

PON Aceh-Sumut dijadwalkan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Aceh, sedangkan penutupan akan dilakukan oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Sementara itu renovasi dan pembangunan sejumlah lokasi untuk PON XXI tahun 2024 di Aceh ditargetkan rampung Juli hingga Agustus 2024. Selain di Banda Aceh, pertandingan juga akan digelar di kota dan kabupaten sekitar, tercatat 35 cabang olahraga akan dipertandingkan di Sumut dan 33 cabang lain di Aceh. 
Baca juga: Riau akan beri apresiasi atlet peraih medali SEA Games
Baca juga: Riau Ega dan Alisya Mellynar atlet terbaik versi KONI Jatim Award 2022

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024