Guangzhou (ANTARA) - Per Sabtu (27/4) pukul 16.00 waktu setempat, Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau telah dilalui lebih dari 10 juta kendaraan masuk dan keluar melewati pelabuhan Zhuhai sejak dibuka untuk lalu lintas umum pada Oktober 2018, menurut stasiun inspeksi perbatasan jembatan tersebut.

Jumlah kendaraan masuk dan keluar yang melintasi jembatan pelabuhan Zhuhai, yang merupakan jembatan-terowongan penyeberangan laut terpanjang di dunia, melonjak dari 860.000 pada 2019 menjadi 3,26 juta pada 2023.

Sepanjang tahun ini, jumlah kendaraan masuk dan keluar yang melewati pelabuhan Zhuhai mencapai lebih dari 1,58 juta.

Jembatan ini membawa bentuk-bentuk baru perjalanan lintas perbatasan. Data menunjukkan bahwa pada 2023, lebih dari 45.000 grup wisata China Daratan melakukan perjalanan ke dan dari Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong dan SAR Makau melalui jembatan itu. Dan penduduk Hong Kong juga Makau melakukan hampir 10 juta kunjungan ke China Daratan melalui jembatan itu, sebuah rekor tertinggi.

Penyeberangan sepanjang 55 km ini menghubungkan SAR Hong Kong di China, Kota Zhuhai di Provinsi Guangdong, dan SAR Makau. Jembatan itu membawa peluang dan manfaat ekonomi luar biasa bagi Kawasan Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Makau.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024