Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut srikandi atau perempuan di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus berani berinovasi dalam membangun kota demi mewujudkan Jakarta sebagai kota global.
 
"Saya minta kaum perempuan untuk selalu teguh menghadapi tantangan, berani berinovasi, dan aktif dalam mewujudkan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan kota bisnis berskala global," kata Heru di Jakarta, Kamis, usai peragaan busana yang diikuti para Srikandi Jakarta atau pegawai perempuan di halaman Pendopo Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat menyambut Hari Kartini.
 
Heru mengatakan acara ini sebagai ajang perlombaan sekaligus motivasi bagi para perempuan di Jakarta untuk berani berekspresi dan mencintai dirinya sendiri.
 
Sementara itu, Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta Marulina Dewi selaku ketua panitia menyampaikan perhelatan peragaan busana kali ini diharapkan mampu memberikan inspirasi untuk para Srikandi Jakarta untuk saat ini dan masa depan.
 
Acara peragaan busana para Srikandi Jakarta di Halaman Pendopo Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2024). (ANTARA/Siti Nurhaliza)
Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah, jumlah aparatur sipil negara (ASN) DKI Jakarta sebanyak 66.000 orang, dan 37.781 orang di dalamnya yakni perempuan. Artinya, kata Heru, lebih dari 50 persen pelayan masyarakat DKI Jakarta yakni perempuan.
 
"Dari 89 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Pemprov DKI Jakarta, 22 di antaranya adalah pemimpin perempuan, yang karya-karyanya memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan di DKI Jakarta," jelas Marulina.
 
Adapun acara diawali dengan peragaan busana oleh 62 peraga perempuan yang terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov DKI Jakarta, Direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta petugas teknis, seperti pasukan pelangi, tenaga kesehatan, guru, dan masinis.
 
Kemudian, lomba peragaan busana diikuti oleh 150 peserta perwakilan dari Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Terdapat 211 hasil desain busana yang ditampilkan dalam kegiatan. Turun mendampingi Heru Penjabat Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi DKI Jakarta Mirdiyanti.
Baca juga: Hari Kartini, PPDI gelar donor darah di Sepolwan
Baca juga: Hari Kartini, ini pengalaman pilot ambulans wanita saat bertugas
Baca juga: DKI maknai Hari Kartini untuk perkuat komitmen majukan pendidikan

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024