Jakarta (ANTARA) -
Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok dan meningkatkan kesehatan Anda secara drastis.
 
Merokok juga dapat merusak jantung dan pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini juga meningkatkan risiko jenis kanker tertentu, di mana kanker paru-paru merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada manusia. Sehingga mengurangi merokok kemungkinan akan turut mengurangi beberapa penyakit jantung.
 
Ditulis laman Hindustan Times, Kamis, Konsultan Pulmonologi Intervensi dan Pengobatan Tidur Yashoda Hospitals Hyderabad Viswesvaran Balasubramanian, membagikan tujuh perubahan positif pada tubuh setelah berhenti merokok.

Baca juga: Dokter: Kesulitan berhenti merokok dipengaruhi dari dalam diri
 
1. Peningkatan sirkulasi
 
Dalam 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung Anda turun, dan dalam waktu 12 jam, kadar karbon monoksida dalam darah kembali normal. Ini berarti sirkulasi meningkat, memberikan lebih banyak oksigen ke organ dan jaringan, yang dapat meningkatkan tingkat energi dan vitalitas secara keseluruhan.
 
2. Fungsi paru-paru yang lebih baik
 
Dalam beberapa minggu, fungsi paru-paru Anda mulai membaik. Struktur kecil seperti rambut di paru-paru yang disebut silia mulai kembali berfungsi normal, membersihkan lendir dan kotoran dengan lebih efisien. Hal ini menyebabkan berkurangnya batuk dan sesak napas.

Baca juga: Dokter: Gaya hidup tak sehat tingkatkan risiko demensia
 
3. Mengurangi risiko penyakit jantung
 
Merokok merusak jantung dan pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Ketika Anda berhenti, risiko serangan jantung mulai menurun hanya dalam waktu 24 jam. Seiring waktu, risiko terus menurun, mendekati risiko bukan perokok.
 
4. Meningkatkan indera perasa dan penciuman
 
Merokok menumpulkan indra perasa dan penciuman. Dalam beberapa hari setelah berhenti, Anda mungkin memperhatikan bahwa makanan terasa lebih enak dan baunya lebih jelas. Hal ini dapat meningkatkan kenikmatan makanan dan berkontribusi pada pola makan yang lebih sehat.

Baca juga: Orang yang susah berhenti merokok bisa manfaatkan layanan konsultasi
 
5. Kulit lebih sehat
 
Merokok mempercepat penuaan kulit dan dapat menyebabkan kerutan dini dan kulit kusam. Ketika Anda berhenti, kulit mulai memperbaiki dirinya sendiri. Peningkatan sirkulasi berarti lebih banyak oksigen dan nutrisi mencapai kulit, sehingga membuat kulit tampak lebih sehat dan awet muda.
 
6. Sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat
 
Merokok melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Berhenti merokok membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko infeksi pernafasan, seperti pilek dan flu.

Baca juga: Dokter: Motivasi dan tujuan dasar terpenting untuk berhenti merokok
 
7. Kesehatan mental yang lebih baik
 
Merokok sering kali dikaitkan dengan stres dan kecemasan, dan meskipun dapat memberikan kesembuhan sementara, hal ini pada akhirnya memperburuk kondisi tersebut. Berhenti merokok dapat meningkatkan kesehatan mental dan rasa sejahtera yang lebih baik. Banyak orang melaporkan bahwa stres dan kecemasan mereka berkurang setelah berhenti merokok.
 
Secara keseluruhan, berhenti merokok akan membawa perubahan positif pada tubuh, mulai dari peningkatan sirkulasi dan fungsi paru-paru hingga penurunan risiko penyakit jantung dan kesehatan mental yang lebih baik. Membuat keputusan untuk berhenti merokok memang menantang, namun manfaatnya sepadan untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia.

Baca juga: Pakar: Pemerintah perlu tiru cara Eropa dalam tangani kecanduan rokok

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024