Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto berharap ajang Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 dalam mewujudkan sistem transportasi cerdas dan berkelanjutan di kawasan.

"Deklarasi Jakarta tentang mobilitas perkotaan yang berkelanjutan dan cerdas sebagai hasil dari diskusi meja bundar tingkat tinggi diharapkan dapat membuka jalan menuju rencana konkret untuk sistem transportasi yang cerdas dan berkelanjutan di kawasan ini dan sekitarnya," kata Novie dalam acara penutupan ajang tersebut di Jakarta, Kamis.

Salah satu capaian utama yang berhasil diraih dalam ITS Asia Pacific Forum 2024 adalah disepakatinya Deklarasi Jakarta tentang Mobilitas Perkotaan yang Berkelanjutan dan Cerdas (Jakarta Declaration on Sustainable and Intelligent Urban Mobility).

Baca juga: Tiga inisiatif transportasi berkelanjutan diteken saat pembukaan ITS

Baca juga: ITS Asia Pacific Forum 2024 diharap hadirkan sistem mobilitas cerdas


Novie menilai deklarasi ini, yang didukung oleh berbagai negara Asia Pasifik dan organisasi internasional tersebut menjadi tonggak penting dalam upaya bersama untuk menciptakan solusi mobilitas perkotaan yang efisien, aman, dan berkelanjutan di kawasan Asia Pasifik.

Dia mengatakan selama tiga hari penyelenggaraan, terhitung sejak 28 Mei, para peserta forum telah berdiskusi dan bertukar pengetahuan yang berfokus pada tantangan urbanisasi cepat, perubahan iklim, dan kemajuan teknologi.

Forum ini menyoroti kebutuhan untuk meningkatkan konektivitas regional, mengembangkan fasilitas transportasi yang inklusif, dan mengintegrasikan berbagai moda transportasi guna mencapai visi mobilitas perkotaan yang berkelanjutan.

Ide dan inisiatif yang diusulkan selama forum ini telah meletakkan dasar yang kuat untuk kebijakan masa depan dan memperkuat dialog sesuai dengan kebutuhan unik masing-masing negara di kawasan.

Selain itu, diskusi-diskusi dalam forum telah menekankan pentingnya membina kemitraan, mengeksplorasi mekanisme pembiayaan kreatif, dan memperbaiki kerangka peraturan.

"Elemen-elemen ini sangat penting untuk keberhasilan implementasi sistem transportasi cerdas yang dapat memenuhi berbagai tuntutan populasi perkotaan kita yang terus berkembang," kata Novie.

Dengan berakhirnya forum tersebut, dia berharap para peserta dapat membawa semangat kolaborasi dan inovasi yang telah ditekankan untuk menuju perubahan positif dalam sistem transportasi di kawasan.

"Mari kita terus bekerja bersama, memanfaatkan kemitraan dan komitmen yang terbentuk selama acara ini untuk mendorong transformasi sistem transportasi kita," kata Novie.

Baca juga: Menhub: Forum ITS sediakan pendanaan untuk sistem transportasi cerdas

Baca juga: Menhub sebut IKN jadi kota pionir transportasi cerdas

Baca juga: Menhub sebut trans
portasi cerdas solusi atasi urbanisasi

 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024