Jakarta (ANTARA) - Jenama produk kecantikan, Citra, memberikan apresiasi kepada pelaku UMKM perempuan Indonesia dengan memberikan penghargaan Piala Citrapreneur untuk membantu mengembangkan usahanya.

Penghargaan ini diberikan kepada 20 pengusaha perempuan di berbagai bidang baik fesyen, kriya, perhiasan yang memiliki target pasar perempuan, dan memberikan wadah untuk memaksimalkan potensi mereka di bidang usaha.

“Ada 400 submission, setelah proses penjurian kita mendapatkan 20 pemenang, kita berikan hadiah berupa bantuan usaha mereka total sekitar 650 juta rupiah,” ucap Beauty & Wellbeing Indonesia Marketing Lead Unilever Indonesia Putri Paramita dalam acara Citra Semasa Piknik di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Semasa Citra Piknik wadahi perempuan berekspresi di bidang UMKM

Baca juga: Perempuan pengusaha bagikan pengalaman jalankan bisnis berkelanjutan


Citra juga memberikan penghargaan kepada pelaku usaha dengan kategori ecopreneur karena masalah lingkungan dan berkelanjutan juga menjadi fokus Citra.

Proses penjurian dilakukan bekerja sama dengan Semasa yang turut memberikan kriteria khusus untuk menentukan 20 pemenang Piala Citrapreneur. Co-founder Semasa Gunawan Lo mengatakan ada empat kriteria utama yang menjadi fokus penjurian salah satunya kepada konsep keberlanjutan yang menjadi penilaian khusus.

“Pertama produknya kualitasnya baik, kedua kita nyarinya unik dan kreatif variasi produknya apakah sesuatu yang baru, ketiga presentasinya di media sosial apakah brandingnya, foto-fotonya karena sangat penting, keempat yang mewujudkan sustainability karena kita pengen juga cari pemenang yang memikirkan dampak lingkungan,” kata Gunawan.

Baca juga: Perempuan miliki porsi besar di dunia industri kreatif

Salah satu pemenang Piala Citrapreneur adalah Rappo Indonesia yang memasarkan produk daur ulang sampah plastik menjadi berbagai aksesori seperti tas laptop, tote bag dan buku tulis yang digagas perempuan asal Makassar Andi Nurul Ulum. Usaha UMKM ini melibatkan perempuan di Makassar dan Depok dan berhasil membantu menghidupi perekonomian mereka.

Pemberian Piala Citrapreneur juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, yang berharap dengan adanya event ini dapat menginspirasi para perempuan hebat untuk menjadi versi terbaik dari dirinya.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang Piala Citrapreneur semoga dapat menginspirasi perempuan hebat lainnya dan terus berkarya dan senantiasa berusaha jadi versi diri yang terbaik,” kata Sandi. 

Baca juga: Woman Ecosystem Catalyst ajak perempuan membentuk mental bisnis kuat 

Baca juga: Mendag: Pengusaha perempuan kunci Indonesia Maju 2024


Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024