Banjarmasin (ANTARA) -
Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyiapkan keberangkatan Kloter ke-15 jamaah calon haji (JCH) dari Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Tapin pada 1 Juni 2024 ke Tanah Suci Arab Saudi.
 
"Saat ini JCH Kloter 15 sudah masuk asrama haji," ujar Ketua Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPHI) Embarkasi Banjarmasin Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Jumat.
 
JCH Kloter 15 ini masuk asrama untuk kesiapan keberangkatan, ungkap dia, pada Sabtu sekitar pukul 10.00 WITA.
 
Di asrama haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru ini, ungkap Tambrin lagi, para JCH menerima dokumen yang terdiri dari paspor, gelang identitas, living cost dan kartu identitas jamaah haji.
 
"Dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dari Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Kelas I Banjarmasin," ucap Tambrin.

Baca juga: Pemkab Parigi pesan JCH jaga kekompakan selama menjalankan ibadah haji
Baca juga: Seorang Calhaj Ternate dipulangkan usai jalani perawatan di Makassar
 
Menurut dia, kegiatan JCH di asrama haji juga diisi dengan menerima pemantapan dan pembinaan petugas kloter, ketua regu dan ketua rombongan untuk menguatkan koordinasi kloter serta pemantapan manasik haji.
 
"JCH Kloter 15 ini sama, sebanyak 320 orang dengan petugas haji," ucapnya.
 
Saat keberangkatan, semua calon haji melaksanakan ibadah mandi Sunnah Ikram dan berpakaian ihram untuk langsung diterbangkan ke King Abdul Aziz International Airport Jeddah Arab Saudi.
 
Jika sudah Kloter 15 ini sampai ke Tanah Suci, maka jumlah calon haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah diberangkatkan sebanyak 4.800 dari total 5.759 orang terjadwal diberangkatkan pada musim haji 2024.

Baca juga: Wapres: Layanan jalur cepat ke Makkah buah hubungan baik RI-Arab Saudi
Baca juga: 7.447 calon haji Indonesia diterbangkan ke Tanah Suci hari ini
 
Sebagaimana diketahui, ungkap dia, Embarkasi Banjarmasin pada musim haji 2024 ini memberangkatkan sebanyak 19 Kloter JCH dari Kalsel dan Kalteng.
 
Dengan rincian masing-masing, sebanyak sebanyak 4.071 orang dari Kalsel pada 14 Kloter dan sebanyak 1.688 orang dari Kalteng pada lima Kloter.
 
Tambrin mengingatkan para calon haji agar mewaspadai cuaca ekstrem di Arab Saudi yang berkisar antara 40-48 derajat Celsius yang menurut ukuran orang Indonesia sangat panas, dengan melakukan antisipasi terjadinya dehidrasi.
 
Tambrin mengingatkan juga para jamaah calon haji agar mengikuti arahan ketua Kloter, pembimbing ibadah dan dokter kloter dengan tidak melakukan kegiatan-kegiatan di luar arahan.
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024