Jakarta (ANTARA) -
Tim bola basket pelajar putra Indonesia kalah melawan Filipina dengan skor 57-65 dalam laga penyisihan Grup A ASEAN Schools Games (ASG) 2024 di di Court of Sport Center, The University of Da Nang, Vietnam.
 
Pelatih tim bola basket pelajar putra Indonesia, Rifky Antolyon, mengatakan meski Indonesia kalah, dia bangga dengan penampilan anak asuhnya yang telah berjuang maksimal.
 
"Secara keseluruhan anak-anak bermain cukup kompak, saya ucapkan terima kasih kepada para pemain yang telah berjuang," kara Rifky dalam laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dipantau ANTARA di Jakarta, Minggu.
 
Ia membeberkan, laga tersebut merupakan pertandingan kedua di fase penyisihan Grup A.
 
Menurut dia, anak asuhnya bermain dengan sedikit beban, sehingga kurang mengikuti sistem permainan yang telah diinstruksikan, khususnya di kuarter keempat laga.

Baca juga: Menpora sebut ASG 2024 jadi kesempatan atlet pelajar untuk berprestasi
 
"Padahal saat kuarter satu hingga tiga mereka bermain secara tim sesuai dengan sistem dan berdampak signifikan terhadap pertahanan lawan dan poin yang kami ciptakan," ujar dia.
 
Rifky menambahkan, perolehan hasil pertandingan ini membuktikan kemajuan luar biasa.
 
Pada pertemuan 2019, dalam ASG edisi ke-11, Filipina yang biasa unggul dengan selisih puluhan poin atas Indonesia kini hanya bisa menang beberapa poin.
 
Pada edisi tersebut, Indonesia kalah dengan skor 51-100.
 
Pertandingan berlangsung sengit dari kuarter pertama hingga ketiga. Kedua tim saling mengejar poin.

Baca juga: Menpora lepas kontingen Indonesia untuk ASEAN Schools Games 2024
 
Tim Indonesia sempat unggul dengan skor 25-24 di menit awal kuarter kedua. Pada kuarter ketiga, Indonesia juga sempat kembali unggul 40-39.
 
Namun, Filipina kembali mendapatkan momentum untuk membalikkan keadaan sekaligus mengakhiri laga dengan skor 65-57.
 
Saat pertandingan pertama, tim bola basket putra pelajar Indonesia dalam ASG 2024, Cliffton Wijaya dan kawan-kawan tampil perkasa, guna membenam Laos dengan skor 128-45.
 
Dalam laga terakhir fase Grup A, Indonesia akan bersua Thailand dan pertandingan itu menjadi laga penentu untuk melangkah di babak selanjutnya.
 
Apabila menang, Indonesia akan menemani Filipina untuk masuk ke babak semi final ASG 2024.

Baca juga: Kontingen Indonesia kenakan batik dalam upacara pembukaan ASG 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024