Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) meraih peringkat triple A (AAA), yang artinya perusahaan dengan kondisi sangat sehat dari lembaga pemeringkatan independen, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

"Alhamdulillah, ini adalah hasil yang sangat membanggakan karena pertama kali Peruri mengikuti pemeringkatan dari Pefindo langsung mendapatkan hasil AAA. Hasil triple A ini juga yang pertama kali didapatkan Peruri menunjukkan kinerja perusahaan terus membaik," kata Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, tujuan Peruri mengikuti penilaian dari Pefindo tersebut untuk mendapatkan gambaran atas kondisi kesehatan perusahaan dan pada 2024 ini, Peruri pertama kali mengikuti penilaian tersebut.

Pemeringkatan itu didapatkan berdasarkan data dan informasi perusahaan serta laporan keuangan audit per 31 Desember 2023.

Peruri mengungkapkan hasil AAA yang diraih merupakan penilaian stand-alone rating dan final rating, yang artinya mampu menjalankan bisnisnya secara mandiri, walaupun tanpa adanya dukungan finansial maupun non-finansial dari pemilik modal.

Hasil itu merupakan gambaran nyata bahwa Peruri merupakan perusahaan yang sangat sehat dan mampu memberikan keuntungan yang berkelanjutan serta patut mendapatkan kepercayaan yang baik dari pelanggan, masyarakat, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Lebih lanjut, hasil pemeringkatan yang dilakukan Pefindo menunjukkan bahwa Peruri merupakan perusahaan yang stabil, kualitas yang sangat baik dengan kondisi keuangan yang sangat sehat, dan siap menjalankan bisnis serta penugasan yang diberikan oleh pemerintah, terutama pada layanan digital dan penugasannya sebagai GovTech Indonesia.

Sebagai perusahaan yang terus menargetkan pada pertumbuhan berkelanjutan, Peruri telah bertransformasi menjadi perusahaan teknologi high security.

Sejak 22 Mei 2024, perjalanan transformasi Peruri membawa perubahan pada identitas perusahaan melalui peluncuran logo baru.

Logo baru menjadi sebuah deklarasi kesiapan Peruri memasuki babak baru sebagai GovTech Indonesia untuk menjadi yang terdepan dalam kemajuan teknologi.

Peruri yang kini mendapat amanah sebagai GovTech Indonesia dan penyelenggara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023, mengemban sebuah tanggung jawab besar.

Hal tersebut melengkapi pilar layanan teknologi Peruri menjadi banknote printing technology, security printing technologi, digital security technology, dan government technology.

Baca juga: Peruri raih TOP CSR Awards 2024 atas program dekarbonisasi
Baca juga: Peluncuran GovTech bukti Peruri tingkatkan bisnis di sekuriti digital
Baca juga: Peruri: Logo baru tandakan kesiapan jalani penugasan sebagai GovTech


Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024