Jakarta (ANTARA) -
Atlet pelajar Arya Adrean meraih emas perdana untuk Indonesia dalam ASEAN Schools Games (ASG) 2024, setelah menorehkan waktu 28,9 detik pada babak final nomor 50 meter gaya dada putra yang berlangsung di Da Nang Swimming and Diving Club, Vietnam.
 
Dari laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa, catatan waktu itu melampaui rekor atlet pelajar yang juga dari Indonesia, Ahnaf Kamal Pasya, dengan waktu 29,38 detik pada ASG 2018.
 
"Alhamdulillah senang sekali bisa memberikan medali emas bagi Indonesia, apalagi ini emas pertama bagi tim Merah Putih, walaupun best time 28,52 belum terpecahkan, tapi sekali lagi alhamdulillah mendapat medali emas," kata Arya.
 
Meski menang, atlet renang dari Perkumpulan Kaizen SC Bantul itu mengaku belum cukup puas atas catatan waktu yang dihasilkannya.

Baca juga: Menpora Dito optimistis Indonesia juara umum ASG 2024
 
Sebab, di babak eliminasi dirinya bisa membukukan catatan waktu lebih baik, yakni 28,70 detik.
 
Adapun medali emas yang direngkuh Arya ini masih bisa bertambah karena bakal kembali tampil di nomor final 100 dan 200 meter gaya dada putra.
 
"Bismillah, insya Allah bisa dapat medali emas lagi dengan target sekaligus bisa memecahkan best time dari 1 menit 3,4 detik menjadi 1 menit 2 detik di final nomor 100 meter gaya dada," ujar dia.
 
Manajer Tim Renang Indonesia ASG 2024, Jonas Bain, mengaku sangat bersyukur dengan pencapaian tersebut.
 
"Kami bangga dan semoga apa yang telah dihasilkan oleh Arya ini mampu menjadi pemicu semangat bagi para atlet Indonesia lainnya yang tampil di ASG 2024," kata Jonas.

Baca juga: ASSC bahas delapan cabang olahraga dalam ASG 2025
 
Setelah Arya yang meraih emas pertama, Indonesia juga mendapat emas kedua pada cabang olahraga yang sama, melalui Jeremy Elyon Master Ganesha dalam nomor 100 meter gaya bebas putra.
 
Selain emas, hari pertama renang juga meraih dua medali perak dan tiga medali perunggu. Medali perak diraih Jason Donovan Yusuf di nomor 100 meter gaya bebas putra dan Adelia Chantika Aulia di nomor 200 meter gaya punggung putri.
 
Sementara, tiga medali perunggu didapatkan Adelia Chantika Aulia di nomor 100 meter gaya bebas putri, Muhammad Havis Rizal Wibisono di nomor 200 meter gaya punggung putra, serta di nomor estafet 4x200 meter gaya bebas putra oleh Liquor Harison Andoko, Samuel Maxson Septionus, Sebastian Frederick Harsono, dan Mochammad Akbar Putra Taufik.
 
Dengan perolehan medali itu, untuk sementara Indonesia total telah mendapatkan 11 medali, yaitu dua emas, empat perak, dan lima perunggu dalam ASG 2024 hingga Selasa, pukul 11.00 WIB.

Baca juga: Kontingen Indonesia kenakan batik dalam upacara pembukaan ASG 2024
Baca juga: Menpora sebut ASG 2024 jadi kesempatan atlet pelajar untuk berprestasi

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024