Jakarta (ANTARA) -
Tim cabang olahraga vovinam Indonesia merebut emas pada ASEAN Schools Games (ASG) 2024 di Martials Arts Gymnasium Swimming Club, Da Nang, Vietnam.
 
Dalam laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu, tim vovinam berhasil mendulang emas pertamanya melalui I Kadek Yoga Mustika yang tampil pada nomor five gate form male.
 
Pelajar asal SMP 1 Kediri, Tabanan, Bali tersebut mendapatkan nilai 90 dari tiga juri, dengan total 270 poin yang berhasil diraih.
 
Dengan hasil itu, tantangan Menpora Dito Ariotedjo kepada tim vovinam untuk mendulang emas sudah terpenuhi.
 
Ditambah sebelumnya target satu perak sudah diwujudkan pada Senin (3/6) melalui nomor pair sword putra.
 
"Berdasarkan hasil review terakhir, target kami hanya satu emas dan satu perak. Tetapi kami bersyukur bisa mendapat lebih," kata Pelatih Vovinam Indonesia Kadek Apriyanti.
 
Ia menambahkan, kesempatan menambah medali juga masih terbuka, karena tim vovinam masih memainkan beberapa nomor di final.
 
Selain emas perdana, vovinam juga mencatatkan tambahan dua medali lagi yaitu perak oleh pasangan Kade Ayu Mas Sasvita Dewi dan Ni Wayan Vina Puspita pada nomor pair sword putri, serta perunggu oleh Kadek Oka Sastrawan di nomor fighting kategori 48 kg - 53,9 kg putra.


Baca juga: Arya Adrean raih emas perdana untuk Indonesia di ASG 2024
 
Peraih emas I Kadek Yoga Mustika mengaku tak menyangka bisa mempersembahkan emas untuk kontingen Merah Putih.
 
Apalagi ini merupakan medali keduanya, setelah Senin (3/6) lalu merengkuh perak di nomor pair sword bersama Made Nevan Nararya Tyaga Sirdhi.
 
"Perasaan saya saat ini campur aduk, senang, bersyukur, terharu dan tidak menyangka bisa mempersembahkan medali emas saat kali pertama tampil di ASG ini. Medali emas ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia," kata dia.
 
Ia turut menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukungnya mulai dari orang tua, Menpora Dito, Kemenpora, tim pelatih, serta rekan-rekannya di ASG 2024.
 
"Keberhasilan saya di ASG 2024 membuat saya makin terpacu untuk terus berlatih, agar kembali mampu mencetak prestasi di kancah internasional pada kejuaraan selanjutnya demi membawa nama Indonesia," ujar pelajar kelas IX SMP itu.

Baca juga: Dubes RI untuk Vietnam yakin tim bola basket Indonesia masuk final ASG

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024