Jakarta (ANTARA) - Instagram dikabarkan sedang melakukan uji coba fitur baru bernama Ad Breaks yakni jeda iklan yang tidak bisa dilewati (skip) saat pengguna sedang melihat konten-konten di jejaring sosial tersebut.

Sebagian pengguna jejaring sosial X dan Reddit menemukan fitur jeda iklan tersebut di aplikasi Instagram miliknya dan juru bicara Instagram Matthew Tye juga mengonfirmasi bahwa fitur Ad Break sedang diuji coba.

Dilansir dari The Verge pada Rabu, Matthew mengatakan Instagram akan membagikan pembaruan apabila uji coba ini menghasilkan perubahan pada produk secara formal.

Baca juga: Sudah coba? Empat stiker baru hadir ramaikan fitur "Stories" Instagram

Baca juga: Instagram menguji coba fitur yang memburamkan pesan gambar vulgar


Dari laporan pengguna yang telah menjumpai fitur tersebut, setelah pengguna melihat story, feed, atau konten lainnya, Instagram akan menampilkan iklan yang tidak bisa langsung dilewati oleh pengguna.

Instagram menampilkan ikon "ad breaks" beserta hitungan mundur, menunjukkan durasi iklan yang akan ditonton pengguna sebelum bisa menggulir layar ke konten selanjutnya.

Apabila pengguna mengetuk ikon yang menunjukkan informasi soal fitur Ad Breaks, Instagram akan memunculkan pesan bertuliskan "Ad breaks adalah cara baru dalam melihat iklan di Instagram. Terkadang Anda mungkin perlu melihat sebuah iklan sebelum dapat terus menjelajah".

Baca juga: Threads memungkinkan pengguna mengontrol pengutipan unggahan

Instagram sebelumnya sudah menampilkan unggahan sponsor dan iklan, diselipkan di antara konten-konten yang dilihat pengguna baik itu feed maupun reels. Akan tetapi, dengan adanya fitur jeda iklan yang tidak bisa dilewati tampaknya cukup mengganggu aktivitas pengguna dalam menikmati konten di Instagram.

"Kami selalu menguji format yang dapat memberikan nilai bagi pengiklan," kata Matthew.

Baca juga: Meta kenalkan chatbot percakapan di Instagram

Baca juga: Meta uji kolom pencarian yang didukung kecerdasan buatan di Instagram

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024