Makkah (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengerahkan 1.000-an petugas yang akan bersiaga saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

"Demi memaksimalkan pelayanan dan perlindungan jamaah saat puncak musim haji pertengahan jamaah nanti, sebanyak seribu petugas disiagakan," ujar Kepala Satuan Operasi Armuzna Harun Arrasyid di Makkah, Rabu.

Harun mengatakan seribuan petugas ini akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang akan dipadati jamaah ketika wukuf di Arafah, mabit di Muzadalifah dan Mina.

Menurutnya, petugas yang dikerahkan ini telah dipupuk kesiapan mental, kedisiplinan, dan juga fisik. Mereka akan bahu-membahu membantu jamaah calon haji Indonesia agar menunaikan seluruh rangkaian haji dengan nyaman dan aman.

Baca juga: Kemenag imbau jamaah siapkan fisik menuju puncak haji di Arafah

"Petugas harus sigap, mulai sekarang sudah dipupuk kesiapan mentalnya," kata Harun.

Ia menyebut titik-titik krusial yang mesti menjadi perhatian yakni di Pos Mina, pos rute, jalur jamarat, dan tenda jamaah.

Petugas juga akan menempati Pos Mobile Crisis Rescue (MCR) yang harus sigap menangani jamaah yang kelelahan atau ada yang sakit saat puncak musim haji itu.

"Tantangan tahun ini ialah jarak antara tenda dengan jamarat yang cukup jauh memunculkan potensi jamaah kelelahan. Ini tak ringan tugasnya. Perlu kesiagaan dan kesiapan mental petugas," kata dia.

Baca juga: Safari Wukuf bagi Lansia disiapkan jelang puncak haji

Sementara itu Kepala PPIH Daerah Kerja (Daker) Makkah Khalilulrahman berpesan kepada jamaah Indonesia untuk banyak beristirahat, siapkan fisik dan mental jelang puncak haji.

Jamaah yang sudah berada di Makkah juga disarankan untuk tidak bepergian ke luar kota perhajian, mengingat aparat keamanan Saudi menerapkan sistem pengecekan yang ketat. Kondisi tersebut untuk menghalau jamaah yang tak memiliki visa haji resmi.

"Kami juga mengimbau agar mengurangi ibadah sunnah di Masjidil Haram. Mengingat puncak haji 12 hari lagi dan utamakan melaksanakan wukuf di Arafah dengan sehat walafiat," kata dia.

Baca juga: PP Persis: Haji dengan skema lewati Muzdalifah tanpa turun tetap sah

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024