Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo tinggal menyisakan tujuh kelompok terbang (kloter) jamaah calon haji (JCH) untuk diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

"Kami pada Kamis ini sudah memberangkatkan 93 kloter JCH asal Jateng dan DIY ke Tanah Suci. Kami hingga 100 kloter tinggal menyisakan tujuh kloter ke Tanah Suci hingga tanggal 10 Juni mendatang," kata Kepala Subbagian Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rahma Indriadi di Boyolali, Kamis.

Embarkasi setempat pada hari ini memberangkatkan lima kloter, yakni kloter 90 berasal dari Kabupaten Karanganyar dan Kota Surakarta pada pukul 03.40 WIB, kloter 91 (Kota Surakarta dan Boyolali), pukul 04.30 WIB, kloter 92 (Boyolali), pukul 10.30 WIB, kloter 93 (Boyolali), pukul 08.05 WIB, dan kloter 94 (Boyolali dan Klaten), pukul 21.00 WIB.

PPIH Embarkasi Solo telah menerima kedatangan JCH dari kabupaten dan kota 95 kloter atau total 34.221 calon haji, sedangkan yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci 93 kloter dengan jumlah 33.468 calon haji. 

Calon haji dari embarkasi setempat yang sudah berada di Tanah Suci tercatat 89 kloter atau berjumlah 32.020 orang.

Baca juga: Bupati Bandung lepas keberangkatan rombongan terakhir calon haji

Jamaah untuk kloter 95 (Klaten) berjumlah 359 orang sudah diterima di embarkasi setempat pada pukul 06.00 WIB, sedangkan kloter 96 (Klaten) akan masuk pada pukul 19.00 WIB.

Dia menjelaskan JCH yang belum masuk Asrama Haji Donohudan, Boyolali enam kloter sisanya, yakni kloter 95 hingga 100, sedangkan yang belum diterbangkan delapan kloter hingga tanggal 10 Juni mendatang.

"Jadi kedatangan terakhir calon haji kloter 100, Minggu (9/6) dan calon haji penerbangan terakhir ke Tanah Suci pada Senin (11/6), kloter 99 dan kloter 100," katanya.

PPIH Embarkasi Solo mencatat calon haji yang sakit setiba di Asrama Haji Donohudan tujuh orang, terdiri atas dirawat di RSUD Dr Moerwardi Solo empat orang dan RSUP Surakarta tiga orang.

Jumlah anggota JCH wafat 11 orang, baik di Tanah Suci maupun Tanah Air. Calon haji wafat di Tanah Suci, Madinah dua orang, Makkah tujuh orang, dan Embarkasi Solo dua orang, sedangkan anggota jamaah batal berangkat ke Tanah Suci untuk kemudian dipulangkan hingga kloter 93 berjumlah 27 orang.

Baca juga: Balai Kekarantinaan siagakan lima ambulans di Asrama Haji Jambi
Baca juga: Irjen Kemenag apresiasi layanan Fast Track yang mudahkan jamaah
Baca juga: Menko PMK minta dukungan anggota dewan atasi haji ilegal

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024