Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut bahwa program kontrasepsi atau keluarga berencana (KB) penting untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI).

“Program KB ini sangat penting dalam percepatan penurunan AKI, yang memang harus kita perkuat, dan fokus ke sasaran program KB kita, jadi bukan sekadar cakupannya tinggi, tetapi fokus ke pasangan usia subur yang berisiko,” ujar Ketua Tim Kerja Kesehatan Reproduksi, Direktorat Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kemenkes, dr. Wira Hartiti di Jakarta, Kamis.

Ia juga memaparkan, jumlah notifikasi kematian ibu di 38 provinsi masih sangat tinggi. Berdasarkan Maternal Perinatal Death Notification (MPDN) atau sistem pencatatan kematian ibu Kementerian Kesehatan, tahun 2022 kematian ibu sebanyak 4.040 jiwa, dan tahun 2023 sebanyak 4.482 jiwa, masih jauh di atas target AKI tahun 2024 yakni 183 per 100.000 kelahiran hidup.

“Kalau kita lihat dari penyebab utama kematian di tahun 2023 itu, di tahun ini bergeser, kalau dulu tiga terbesar itu perdarahan, preeklampsia (keracunan pada kehamilan yang menyebabkan ibu mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi), dan infeksi,” ungkapnya.

Sedangkan saat ini (tahun 2024), penyebab angka kematian ibu naik sebagian besar akibat komplikasi non-obstetri, atau masalah kesehatan lain di luar kehamilan.

“Stunting juga menjadi penyebab. Ini terjadi karena meningkatnya penyakit tidak menular,” ucapnya.

Baca juga: Kemendagri rancang strategi kesehatan reproduksi tekan kematian ibu
Baca juga: UNFPA paparkan tiga hal kunci turunkan angka kematian ibu di Indonesia


Ia juga mengutarakan, faktor risiko terbesar kematian ibu juga disebabkan oleh empat terlalu.

“Faktor risiko terbesar kematian ibu ini karena hamil dalam kondisi empat terlalu, pertama, terlalu tua, lebih dari 35 tahun, kedua, terlalu muda akibat pernikahan remaja yang meningkat (kurang dari 20 tahun), ketiga, terlalu sering hamil, dan jarak kehamilan terlalu dekat atau kurang dari tahun,” tuturnya.

Menurutnya, ibu hamil dengan faktor risiko yang tinggi menyebabkan angka kematian ibu tinggi, karena ibu hamil dalam kondisi yang berisiko sulit ditangani oleh tenaga kesehatan.

“Sebaik apapun faskesnya, karena ibunya sudah berisiko, akan sulit menanganinya sehingga kemungkinan kematian akan tinggi, juga ibu hamil dalam kondisi mempunyai masalah kesehatan, di mana masalah kesehatannya tidak diketahui sebelumnya, sehingga saat hamil tidak terkontrol,” kata dia.

Untuk itu, ia menekankan pentingnya memastikan dan memperkuat penggunaan alat kontrasepsi agar tepat sasaran di pasangan usia subur.

Selain itu, lanjut dia, sudah banyak upaya yang telah dilakukan Kemenkes, mulai dari intervensi sebelum hamil, saat hamil hamil, bersalin, hingga nifas.

“Bagaimana meningkatkan kesadaran sejak usia dini, dari remaja yang kita persiapkan, memahami kesehatan reproduksi sampai hamil, jadi mulai dari remaja, calon pengantin, sampai pasangan usia subur, utamanya yang berencana hamil, harus merencanakan kehamilan saat usia remaja,” ungkapnya.

Baca juga: Pemerintah terus berupaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi
Baca juga: Menkes perluas peran bidan hingga level desa tekan angka kematian ibu
Baca juga: Kemenkes fokus tingkatkan KB pascapersalinan turunkan stunting dan AKI

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024