Banjarmasin (ANTARA) -
Sebanyak 5.760 calon haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan dinyatakan sudah berada di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi pada keberangkatan musim haji 2024.
 
Menurut Ketua Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Jumat, jumlah itu dari 18 Kloter yang sudah diberangkatkan.
 
"Tinggal satu Kloter lagi, yakni Kloter 19 diberangkatkan pada 10 Juni 2024," ujarnya.
 
Untuk Kloter 19 ini, ungkap dia, jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan tinggal sebanyak 89 orang ditambah tiga petugas haji dan kesehatan.
 
"Jika sudah berangkat, maka selesailah keberangkatan haji dari Embarkasi Banjarmasin dengan jumlah total 5.852 calon haji serta para petugas haji dan kesehatan," ujarnya.
 
Karena Embarkasi Banjarmasin, ungkap dia, sejak 12 Mei hingga 10 Juni 2024, khusus untuk jamaah haji sebanyak 5.759 orang, didampingi sebanyak 37 petugas haji dan sebanyak 56 petugas kesehatan hingga totalnya 5.852 orang.

Baca juga: Ketua MUI Banten meninggal dunia di Arab Saudi
 
Sebagaimana diketahui, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan calon jamaah haji dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.
 
Di mana sebanyak 4.071 calon haji dari Kalimantan Selatan pada 14 Kloter dan sebanyak 1.688 calon jamaah pada 5 Kloter.
 
"Kita bersyukur keberangkatan jamaah haji dari Embarkasi kita sejauh ini berjalan lancar, tinggal satu Kloter lagi, yakni Kloter 19, moga berjalan lancar juga nantinya," kata Tambrin yang juga menjabat Kepala Kanwil Kemenag Kalsel.
 
Sejauh ini, ungkap dia, untuk jamaah calon haji yang sudah berada di tanah suci, dikabarkan baik.
 
"Semoga mereka selalu sehat wal afiat, dapat mengikuti rukun haji dan ibadah lainnya di sana, pulang dengan selamat ke tanah air dan mendapat haji mabrur," ujarnya.

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024