Jakarta (ANTARA) -
Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) akan fokus untuk persiapan mengikuti kejuaraan Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) U-18 Putra yang diselenggarakan di Malaysia pada 19-21 Juli.
 
Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi mengatakan tim kepelatihan sedang meramu komposisi yang tepat untuk membentuk skuad yang kuat guna mengikuti kompetisi kelompok umur dari Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) tersebut.
 
"Kami akan fokus mempersiapkan diri untuk ajang SEABA U-18 Putra, setelah itu ada beberapa program FIBA juga yang akan kami ikuti," kata Nirmala di Jakarta, Senin.
 
Sementara itu, menanggapi hasil positif yang diraih tim bola basket putra Indonesia dalam ASEAN Schools Games (ASG) 2024 di Da Nang, Vietnam, dia menjelaskan bahwa prestasi itu merupakan sesuatu yang patut disyukuri karena menjadi bukti pembenahan pemain usia dini sudah berjalan baik.
 
Ia menambahkan, medali emas itu membuktikan bila di level junior bisa mengikuti jejak tim senior yang pernah meraih emas pada SEA Games 2021 Vietnam.
 
"Hasil itu adalah momentum baik dan selanjutnya kami berharap ada prestasi-prestasi lebih baik lagi untuk bola basket putra putri Indonesia," ujar perempuan kelahiran Bandar Lampung itu.

Baca juga: Usai SEABA U-18, Timnas Putri langsung dipersiapkan untuk FIBA U-18
 
PP Perbasi telah menyaring pemain-pemain muda berbakat untuk berlaga di ajang SEABA U-18 Putra sejak 30 April hingga 2 Mei.
 
Tahapan seleksi terus dilakukan hingga akhir Juni, dimulai dari 29 pemain sampai terpilih 12 pemain.
 
Pada akhir Juni, Perbasi kembali melakukan seleksi lanjutan dengan memilih 15-18 pemain yang meneruskan pemusatan latihan nasional (TC).
 
Lalu, pada akhirnya tim kepelatihan akan menyeleksi kembali dan menentukan 12 pemain yang akan ditetapkan menjadi skuad untuk berangkat ke Malaysia dalam kejuaraan SEABA U-18 2024.

Baca juga: Emas di ASG 2024 masuk deretan perkembangan bola basket Indonesia
Baca juga: Perbasi rancang program keberlanjutan kembangkan basket jangka panjang

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024