Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) menyalurkan bantuan berupa sembako dan uang tunai bagi masyarakat terdampak bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia Gusrizal mengatakan bantuan tersebut merupakan hasil kolaborasi Pupuk Indonesia dengan Perkumpulan Istri Karyawan Pupuk Indonesia (PIKA-PI).

"Kita ingin berbagi, simpati terhadap masyarakat terdampak bencana. Bencana bisa melanda siapa saja dan di mana saja. Bantuan ini diharapkan memberikan spirit agar masyarakat terdampak bisa kembali bangkit," ujar Gusrizal melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

Gusrizal menyampaikan bahwa Pupuk Indonesia sebagai bagian dari badan usaha milik negara (BUMN) bergerak cepat untuk membantu masyarakat terdampak bencana di Tanah Datar.

Menurutnya, proses pemulihan pascabencana yang dilakukan pemerintah membutuhkan dukungan dari banyak pihak.

Bantuan itu merupakan salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Pupuk Indonesia untuk mendukung pemerintah dalam pemulihan awal. Ia berharap bantuan dapat bermanfaat bagi ribuan masyarakat yang terdampak bencana tersebut.

Adapun bantuan yang diserahkan antara lain beras sebanyak 2.000 kantong, yang merupakan kebutuhan dasar dari masyarakat terdampak saat ini. Setiap kantong berisi 5 kilogram, sehingga total terdapat 10 ton beras dengan nilai Rp154 juta.

Selain itu, PIKA-PI juga turut menyerahkan bantuan dana senilai Rp25 juta.

"Bantuan ini memang belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan para warga terdampak bencana, tetapi kami berharap bantuan awal ini dapat mengurangi beban dan dapat membantu mempercepat pemulihan pasca bencana," kata Gusrizal.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyambut baik bantuan yang diberikan Pupuk Indonesia bersama PIKA PI-Group. Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat terdampak.

"Kedatangan Pupuk Indonesia ini menambah spirit bagi masyarakat Tanah Datar untuk bangkit pascabencana. Semoga Pupuk Indonesia semakin maju, sehingga bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: Pupuk Indonesia sebut realisasi penyaluran pupuk subsidi berjalan baik
Baca juga: Pupuk Indonesia luncurkan program Dokter Tani Masuk Desa di Jambi
Baca juga: Pupuk Indonesia: I-Pubers mudahkan petani mendapat pupuk subsidi

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024