Jakarta (ANTARA) - Partai Demokrat resmi memberikan surat rekomendasi kepada mantan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan mantan Bupati Lahat Cik Ujang untuk diusung maju pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sumsel tahun 2024.

"Secara resmi menyampaikan rekomendasi kepada dua tokoh yang ada di samping kanan kiri saya ini, sebagai calon gubernur Sumatera Selatan, yaitu Bapak Herman Deru, sedangkan sebagai calon wakil gubernur Sumatera Selatan, sebagai pasangannya, adalah Bapak Cik Ujang," kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Selasa.

AHY mengatakan bahwa Partai Demokrat mendukung pasangan Herman Deru-Cik Ujang ini setelah melakukan penelaahan, membaca peta politik, dan mengukur potensi atau peluang kemenangan pasangan tersebut pada kontestasi Pilkada Sumsel.

"Perlu diketahui untuk penentuan calon gubernur dan wakil gubernur mekanisme di Partai Demokrat itu sampai dengan tingkat majelis tinggi partai, di mana Majelis Tinggi Partai Demokrat adalah Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)," kata AHY.

Baca juga: Demokrat Sulsel keluarkan enam surat tugas pilkada serentak 

Ia menjelaskan Herman Deru tercatat telah memiliki sepak terjang di Sumsel dan pernah menjabat Gubernur Sumsel periode 2018–2023, serta Bupati Ogan Komering Ulu Timur selama dua periode, yakni 2005–2010 dan 2010–2015.

Menurut ia, Herman Deru memiliki prestasi yang positif selama menjadi gubernur, mulai dari pemerataan pembangunan infrastruktur Sumsel sebagai penyangga pangan, pengentasan stunting, hingga di bidang agama.

"Artinya, pengalaman beliau tidak lagi diragukan dan tentunya masyarakat Sumsel juga percaya mayoritas masih mencintai beliau, masih merindukan kepemimpinan gubernur untuk periode berikutnya," tambah AHY.

Sementara itu, AHY menyebut Cik Ujang memiliki pengalaman politik sebagai kader Partai Demokrat dan telah menunjukkan kiprah di dunia politik.

"Saya tahu beliau ini merangkak dari bawah, dari tingkat yang paling rendah PAC (pengurus anak cabang), kemudian DPC (dewan pimpinan cabang), dan saat ini sebagai Ketua DPD Partai Demokrat (Provinsi Sumsel). Jadi, tidak diragukan lagi kiprahnya di dunia politik," ujar AHY.

Baca juga: Partai Demokrat pertimbangkan sejumlah calon untuk Pilkada Jakarta
Baca juga: Bey tolak tawaran Demokrat maju Pilgub Jabar 2024

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024